Dampak Perubahan Sosial Beserta Penjelasannya

Dampak Perubahan Sosial

Ada dua akibat yang ditmbulkan dari evolusi sosial yaitu akibat positif dan negatif, beriku ialah penjelasannya:

1. Dampak Positif Perubahan Sosial

  1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Perkembangan iptek dapat mengolah sebuah nilai-nilai lama menjadi nilai-nilai baru yang mana urusan ini untuk mendorong sekian banyak inovasi untuk fasilitas kehidupan masyarakat, mengarah ke perubahan sosial ke arah yang modernisasi.
  2. Tercipta Lapangan Kerja Baru: Guna mendorong industrialisasi serta pertumbuhan dalam suatu perusahaan mutinasional yang perkembangannya secara global serta membukaan industri kecil, sehingga dapat menyerap tenaga kerja secara maksimal.
  3. Tercipta Tenaga Kerja Profesional: Untuk menyokong suatu kompetisi industri maka urusan ini memerlukan tenaga kerja yang terampil, cakap, berpengalaman dan profesional
  4. Nilai dan Norma Baru: terbentuk karena terdapat evolusi yang terjadi secara terus menerus yang sampai-sampai membuthkan suatu nilai-nilai dan norma dalam mengawal suatu arus evolusi tanpa merintangi terjadinya evolusi sosial.
  5. Efektivitas dan Efisiensi Kerja Meningkat: Efektivitas dan efisiensi dalam kerja tidak jarang kali ada kaitannya dengan pemakaian sebuah alat buatan yang tepat sampai-sampai dapat menghasilkan suatu produk yang lebih cepat.

2. Dampak Negatif Perubahan Sosial

  • Terjadinya Disintegrasi Sosial Disintegrasi: Sebab terdapat suatu evolusi, serta kesenjangan sosial, perbedaan kepentingan yang mendorong guna terjadinya suatu friksi dalam masyarakat.
  • Terjadinya Pergolakan Daerah: Hal ini dikarenakan dampak dari sebuah perbedaan agama, ras suku bangsa, serta politik yang tidak menyimak dalam sebuah tatanan hidup.
  • Kenakalan Remaja: Muncul sebab adanya pengaruh dari suatu evolusi sosial nilai-nilai sebuah kebebasan kebiasaan barat yang diikuti, yang tidak dicocokkan dengan situasi kebudayaan sendiri.
  • Terjadi Kerusakan Lingkungan
  • Eksistensi Adat Istiadat Berkurang: Nilai adat istiadat menjadi semakin ditinggalkan oleh masyarakat karena sudah dirasakan tidak cocok dengan pertumbuhan zaman serta digantikan dengan nilai kebudayaan modern.
  • Lembaga Sosial tidak Berfungsi Secara Optimal: Hal ini bakal mengakibatkan akibat negatif dengan menyalah pakai suatu kedudukan.
  • Munculnya Paham Duniawi Konsumenisme: yaitu sebuah paham atau ideologi yang menjadikan seseorang memilih untuk memakai barang-barang secara berlebihan. Paham Sirkulasi adalahsuatu paham yang mengasingkan urusan dunia dengan hal agama.
  • terakhir paham Hedonisme: merupapkan paham yang memandang hidup yang tujuannya melulu untuk menggali sebuah kebahagiaan sebanyak barangkali serta untuk menghindari suatu perasangka yang menyakitkan.

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan sosial yakni salah satu evolusi yang terjadi di lingkungan masyarakat tentang suatu nilai-nilai sosial, norma, serta sekian banyak pola dalam sebuah kehidupan manusia. Yang mana pada hakikatnya, masing-masing masyarakat yang terdapat diseluruh dunia tentunya akan merasakan suatu evolusi yang diketahui bilamana dibandingkan dengan sebuah masyarakat pada masa tertentu laksana dengan masyarkat zaman dahulu.

Maka dari itu dapat dikatakan bahwa masyarakat sendiri pada dasarnya terus menerus akan merasakan suatu perubahan. Namun pada dasarnya masyarakat yang satu dengan masyarakat yang beda tidak tidak jarang kali sama yang diakibatkan karena adanya sebuah masyarakat dengan evolusi yang lebih cepat dari pada dengan sebuah masyarakat yang lain.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/