Beberapa orang lebih suka menyimpan file mereka dengan format PDF agar lebih kompatibel dan utuh. Namun, terkadang saat akan mencetaknya justru kertas terpotong. Namun jangan khawatir, ada sejumlah cara print pdf agar full kertas.

Ketahui Cara Print PDF Agar Full Kertas

Apabila Anda ingin mencetak berkas dalam format PDF melalui sejumlah jenis kertas, namun hasilnya terpotong, bisa mengikuti cara-cara berikut. Biasanya pada sejumlah pc menggunakan aplikasi bawaan untuk membuka file ini sehingga dapat melakukan sejumlah cara pengeditan.

  1. Menggunakan Pengaturan Sesuai Jenis Kertas

Masalah kertas hasilnya terpotong biasanya terjadi karena tidak sesuai dengan setting awal saat mengetikkan dokumen tersebut. Jadi, apabila Anda menggunakan kertas A4 maka pada menu Properties harus mengklik atau pilih A4 juga.

Namun, jika Anda memakai kertas ukuran F4, maka pilihlah Legal pada menu Properties. Jika sudah memilih ukuran yang tepat, maka hilangkan saja centang pada bagian Choose. Setelah itu, pastikan bagian Fit telah aktif.

  1. Posisikan Hasil Cetakan Pada Bagian Tengah

Saat akan melakukan cetak ebook file pdf tidak semuanya bisa sesuai dengan posisi. Biasanya hasilnya pada bagian atas akan sangat tinggi namun bagian bawah banyak yang kosong. Dengan begitu, akan terlihat tidak simetris dan rapi.

Sebagai solusi dalam mengatasi masalah ini, maka Anda bisa melakukan pencetakan tepat pada bagian tengah. Lakukan pengaturan posisi cetakan. Dalam hal tersebut, silahkan memilih opsi Auto, bukan landscape maupun portrait.

  1. Lakukan Pengaturan Pada Custom Scale

Pada cara print pdf agar full kertas berikutnya adalah untuk memberikan hasil cetakan tidak memenuhi kertas saat dijilid atau buku tidak tertutup bagian yang terjilid. Lakukan pengaturan pada menu Custom Scale.

Pada menu ini, Anda bisa mengatur agar kertas menjadi presisi serta tidak menutupi bagian terjilid terlebih jika jumlah halamannya banyak. Ubahlah angka pada custom scale menjadi di bawah 100% agar hasilnya bisa menyisakan beberapa persen pada bagian kosong di samping kertas.

Itulah infomasi tentang cara print pdf agar full kertas. Sebab, terkadang sisa kertas yang digunakan cukup banyak sehingga tulisannya pun akan nampak lebih kecil.