Di zaman sekarang ini sudah banyak sekali web yang anda gunakan untuk berbagai keperluan contohnya seperti media sosial, email dan web perusahaan yang mengwajibkan Anda harus memiliki akun. Dengan begitu anda anda sudah memiliki banyak akun yang mana data anda sudah tersimpan di berbagai platform. Untuk menjaga data pribadi anda yang bersifat rahasia, data itu jangan sampai bocor karena ketika data anda sudah bocor maka data anda akan disalahgunakan oleh orang lain. Oleh sebab itu Anda perlu berhati-hati dalam menjaga data pribadi anda.

Karena sudah banyak sekali contoh kasus dimana seseorang meminjam secara daring, tetapi ketika melakukan tagihan pembayaran seseorang dapat menggunakan tagihan pembayaran kredit atas nama anda dengan jumlah yang fantastis. Atau misalnya secara tiba-tiba muncul notifikasi bahwa akun Anda telah digunakan untuk mendaftar di akun lain yang sama sekali tidak Anda kenali. Tentu saja hal itu sangat merugikan dan membahayakan untuk kita, oleh karena itu Anda harus berhati-hati agar data anda tidak sampai bocor kepada pihak tidak bertanggung jawab.

Ada cara lain untuk mengantisipasi akun anda supaya tetap aman yaitu yang pertama dengan melakukan verifikasi dua langkah. Karena bisa saja tiba-tiba akun anda digunakan oleh orang lain untuk untuk login dari perangkat lain, maka anda harus membuat verifikasi yang mana akan muncul notifikasi untuk mengkonfirmasi apakah itu adalah Anda atau bukan. Ketika perangkat lain ingin login ke akun anda, maka akan diminta 6 digit nomor yang harus digunakan saat login, pastikan 6 digit nomor ini hanya anda yang dapat mengetahuinya, sehingga siapapun tidak akan bisa menggunakan akun Anda untuk login karena sudah ada  6 digit nomor yang harus diisi. 

Cara yang kedua adalah buatlah password yang sulit dan seringlah untuk diganti agar tidak mudah dideteksi dan untuk menghindari pembobol akun. Jangan pernah menggunakan tanggal lahir anda karena sangat mudah ditebak. Jika anda ingin menggunakan tanggal lahir sebaiknya anda harus menambahkan kombinasi angka, huruf dan tanda baca,  Sehingga password Anda akan sulit ditebak.

Anda harus bisa menyimpan data diri anda yang sangat penting contohnya akun rekening anda yang biasanya anda gunakan untuk bertransaksi. Jangan biarkan ada orang lain yang mengetahui  data atau akun anda, karena jika sampai data atau akun anda bocor di tangan orang yang tidak bertanggung jawab maka itu bisa membahayakan diri Anda sendiri. Itulah sebabnya, maka  jangan coba-coba berani untuk memberikan password Anda kepada orang lain, bahkan teman yang anda  percaya sekalipun karena bisa saja orang tersebut lupa untuk logout, lalu data pribadi Anda dilihat oleh orang lain dan akhirnya data Anda bocor kemana-mana. Ada baiknya Anda mencatat password dan user anda agar tidak lupa.

Referensi dari https://www.haris.web.id.