Bahkan hingga saat ini masih banyak orang yang bingung bagaimana cara membobol jurnal Scopus. Ini sebenarnya cukup mudah. Saya ingin tahu? Baca artikel ini!

Bagi dosen dan mahasiswa, mendapatkan jurnal mereka terindeks di Scopus merupakan sebuah prestasi tersendiri. Namun membuat jurnal terindeks transparan dengan Scopus tidaklah mudah. Banyak langkah, termasuk revisi, yang harus diselesaikan agar jurnal bisa diterbitkan.

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak jurnal di dunia ini yang menerbitkan berbagai penelitian. Anda memerlukan database untuk melihat seberapa baik penelitian Anda dan untuk melihat data terbaru tentang studi tertentu. Basis data ini merupakan wadah bagi para peneliti, termasuk mahasiswa dan dosen, untuk mempresentasikan hasil penelitiannya.

Baca Juga : Publikasi Jurnal Sinta

Cara Membobol Jurnal Scopus dengan Mudah

  1. Buat skrip dengan setidaknya 20 referensi

Membaca 20 artikel lainnya sebagai referensi penelitian melelahkan dan memakan banyak waktu. Namun, Anda harus melakukan ini untuk meningkatkan kualitas publikasi Anda. Perhatikan bahwa sebagian besar jurnal teratas biasanya memperhitungkan penghitungan referensi.

  1. Jangan melebihi skor plagiarisme 15D44

Jika Anda menulis jurnal ilmiah, Anda harus tahu bahwa plagiarisme tidak dapat diterima. Untuk memverifikasi keaslian suatu barang, Anda dapat menggunakan beberapa perangkat lunak pemeriksa plagiarisme yang tersedia di Internet. Anda dapat menggunakan yang gratis atau berbayar. Pastikan karya Anda memiliki skor plagiarisme hingga 15%.

Saat ini, artikel jurnal peringkat teratas Scopus harus memiliki skor plagiarisme 15% atau kurang. Bahkan artikel dengan Scopus Ratings terendah memiliki skor plagiarisme maksimal hanya 20%.

  1. Penulis harus lebih besar dari 1

Harap perhatikan topik ini. Riset yang baik biasanya memiliki tim di belakangnya, bukan hanya satu orang. Jika perlu, ajak orang yang hadir di Scopus untuk melakukan penelitian bersama. Hal ini memungkinkan editor jurnal untuk mendapatkan skor individu untuk penerimaan naskah Anda.

  1. Jangan publikasikan di Jurnal Predator

Ini adalah aturan lain untuk menerbitkan makalah. Mohon untuk tidak mengirimkan karya Anda ke jurnal tanpa sumber yang jelas (Predator). Singkatnya, Anda biasanya tidak mendapatkan email kiriman dari jurnal-jurnal bagus yang menjadi miliknya. Untuk daftar jurnal predator, lihat daftar jurnal dan penerbit predator Beall.

  1. banyak latihan

Tidak semua iptek tinggi terlibat dalam penulisan jurnal yang dapat dipublikasikan di database internasional seperti Scopus. Jika Anda tidak terbiasa, berlatih menulis dengan mendiskusikan apa yang mudah atau apa yang Anda kuasai.