Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi impian banyak baik usia anak-anak hingga dewasa. Akan tetapi, banyak orang tua yang resah jika anak mereka tidak terlalu banyak makan sehingga berat badan mereka memprihatinkan. Oleh karena itu, ada baiknya kita mempelajari bagaimana cara menaikkan berat badan anak sehingga anak memiliki tubuh yang proporsional. Dengan kata lain, penting bagi kita untuk memutuskan memberikan makanan tambahan nutrisi pada anak dan pastikan anak memang berada pada grafik timbangan usianya.

Cara mudah menaikkan berat badan anak yang cukup kurus

Jika anak kalian memiliki tubuh yang cukup kurus, maka kalian perlu melakukan program penambahan nutrisi pada anak untuk menaikkan berat badan mereka. Salah satu cara untuk menaikkan berat badan mereka adalah dengan makan secara konsisten. Pada cara ini, kalian harus membuat jadwal makan yang teratur karena bisa menambah berat badan anak secara sehat. Dengan kata lain, kalian tidak boleh melewatkan jadwal makannya karena hal tersebut bisa membuat buah hati kehilangan nutrisi penting saat mereka makan.

Selain melakukan penjadwalan saat makan, kalian juga perlu membuat porsi makan mereka lebih banyak. Jika anak kalian bisa menghabiskan leih dari satu porsi, maka kalian bisa memberikan mereka tambahan makanan. Kalian bisa memberikan susu digelas yang lebih besar dan potongan buah yang lebih besar agar mereka bisa mengkonsumsi makanan lebih besar. Cara menaikkan berat badan anak dengan mudah juga isa dilakukan dengan memberikan makanan dengan kalori yang lebih tinggi. Cara ini bisa dilakukan dengan membaca lebel nutrisi pada suatu makanan sebelum memberikannya kepada anak.

Jangan lupa mencari tahu penyebab berat badan anak tidak  bertambah

Mencari informasi mengapa anak anda memiliki berat badan yang kurang juga sangat penting agar anda bisa memberikan tambahan makanan sesuai apa yang diperlukan anak. Hal ini penting karena cara menaikkan BB anak berbeda-beda tergantung dengan penyebabnya. Oleh karena itu, dengan mengetahui penyebab berat badan anak kurang kalian akan bisa memberikan asupan yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.  Banyak anak yang memiliki berat badan kurang disebabkan karena ia pilih-pilih makanan, alergi makanan, memiliki gangguan disaluran pencernaan, sangat aktif, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, penting juga untuk kita melakukan konsultasi dengan dokter. Hal itu bukan hanya untuk memastikan si kecil memang kurang berat badan mereka akan tetapi juga bagaimana cara anda menaikkan berat badan anak sesuai dengan yang mereka butuhkan. Semisal permasalahan anak anda karena alergi, maka dokter bisa membantu memilihkan atau mengenalkaan jenis makanan apa yang perlu diberikan kepada si kecil sehingga gizi mereka tetap terpenuhi. Cara menaikkan berat badan anak sangat tepat karena bisa menambah bera badan mereka dengan cepat.