Cara Memandikan Seekor KelinciHewan  peliharaan kita perlu mandi agar mereka juga tetap sehat dan bersih seperti kita , karena jika mereka tidak mandi tubuh mereka akan kotor dan mudah terkena penyakit. Sebaiknya hewan peliharaan kita dimandikan minimal dua minggu sekali namun jika lebih tidak apa apa asalkan saat hewan tersebut sudah sangat kotor. Nah kali ini kita akan memberi tahukan tentang cara memandikan kelinci ,sebenarnya juga kelinci bisa mandi sendiri dengan cara menjilati tubuhnya namun walaupun seperti itu terkadang kelinci masih saja kotor . Kelinci harus bersih dan higienis karena kelinci mudah terinfeksi dan mudah terkena penyakit jika tidak dibersihkan. Nah ini dia beberapa cara kita untuk memandikan kelinci :

1.Siapkan Perlengkapan Mandi

Sebelum memandikan kelinci kalian harus sudah mempersiapkan aneka perlengkapan mandi untuk kelinci. Sebaiknya kelinci dimandikan di bawah air mengalir yang hangat.

Akan tetapi jika kalian tidak memiliki Eltera Water Heater, kalian bisa menggunakan bak atau ember yang diisi dengan air hangat atau suam-suam kuku. Suhu air sebaiknya diukur antara 30 hingga 35 derajat celsius.

Jika terlalu panas atau terlalu dingin tentu saja tidak nyaman bagi kelinci. Selain wadah atau ember mandi, perlu disiapkan shampo khusus hewan yang bisa anda beli di petshop.

Kemudian disiapkan pyla, handuk untuk mengeringkan seusai mandi dan dilanjutkan dengan alat pengering guna mengeringkan bulu kelinci.

2.Cara Memandikan Kelinci

Cara memandikan kelinci berikutnya adalah pertama kali bersihkan bagian bawah kelinci termasuk anus terlebih dahulu dengan air hangat sehingga pada saat seluruh tubuh kelinci dimasukkan bak atau ember tidak ada kotoran yang ikut mencemari air.

Dipastikan suhu air suam kuku atau hangat supaya kelinci tidak kaget pada, saat dimasukkan ember.

Bolehkah kelinci dimandikan? Pertanyaan tersebut mungkin selalu terngiang di pikiran kalian ketika melihat kelinci seperti takut atau enggan ketika melihat air.

Membasuh bagian bawah dan kaki akan membuat kelinci merasa nyaman dengan air. Secara perlahan masukkan tubuh kelinci ke dalam bak atau ember dan pelan siram dengan air.

3.Memberikan Shampo

Gosokkan perlahan busa shampo secara merata pada tubuh kelinci.

Hindarkan bagian mata dan mulut atau hidung kelinci sehingga tidak mengalami iritasi. Sembari menggosok lembut pijat pula badan kelinci sehingga kelinci merasa nyaman dan tenang.

4.Menyikat Bulu

Setelah disabun, anda bisa merontokkan bulu kelinci dengan menggunakan sikat khusus bulu. Meskipun tidak seperti kucing yang bulunya sangat mudah rontok. Tetapi bulu kelincipun perlu dirontokkan supaya tumbuh bulu baru yang lebih sehat.

Bulu kelinci yang sehat akan tampak. Halus dan bersih warnanya pun Cerah. Sikat bulu kelinci dengan cara menggosokkan sikat dari arah atas ke bawah.

Berikan tekanan yang lembut dan jangan terlalu keras karena akan menyakitkan kelinci. Sebaiknya, belilah sikat dari bulu-bulu nilon yang lembut.

Sikat bulu bulu kelinci dengan perlahandan menggunakan sikat yang lembut ,dan setelah itu siram perlahan dengan mnggunakan air hangat.

 

5.Mengeringkan Bulu

Setelah tahapan di atas sudah dilakukan semua dan kelinci pun sudah bersih dan disiram ulang paska merontokkan bulu,  keluarkan kelinci dari bak atau ember dan keringkan keringkan segera dengan handuk yang lembut. Jangan digosok terlalu keras. Cukup dengan cara ditekan-tekankan bulu kelinci dengan handuk.

Kemudian balut handuk sejenak. Setelah itu keringkan tubuh kelinci dengan hairdryer yang disetel hangat. Jangan terlalu dekat semprotan panas mengena tubuh kelinci.

Masih dengan sedikit menekan tubuh seperti memijat, secara rata semprotkan angin ke permukaan tubuh kelinci hingga benar-benar kering.

6.Membersihkan Telinga

Setelah dimandikan dan dikeringkan, bersihkan telinga bagian luar dengan menggunaka kapas atau catton bud secara perlahan.Lakukan hal ini dengan hati-hati agar tidak mendorong kotoran kelinci masuk semakin dalam ke saluran telinga, usahakan tidak memasukan bud  jauh ke dalam saluran telinga.Gunakan cairan pembersih telinga khusus kelinci jika memang dibutuhkan.

7.Membersihkan Mata

Periksalah mata kelinci dan berihkan mata kelinci dengan bersih dan dengan cairan pembersih mata kelinci yang khusus.

8.Memotong Kuku Kelinci

Jika kuku kelinci sudah agak panjang maka potonglah kuku tersebut agar tidak ketika kelinci sedang menggaruk nggaruk tubuhnya itu tidak melukai tubuhnya .

 

Nah setelah itu beri kelinci camilan atau beri mereka mainan dan waktu untuk bermain agar mereka merasa senang  dan tidak stress.Semoga membantu..

Baca Juga : Handal Water  Heater