Manajemen persediaan dapat menjadi tantangan bagi pemilik bisnis. Namun, dengan berkembangnya teknologi, muncul sistem yang membuat rantai pasokan menjadi lebih efisien: sistem manajemen persediaan. Dengan menggunakan sistem manajemen item, Anda dapat melacak item Anda secara efisien dan akurat. Cargo Surabaya

Apa itu Inventory Control?

Inventory Control juga dikenal sebagai manajemen persediaan, adalah serangkaian proses untuk mengelola dan memaksimalkan persediaan yang dimiliki perusahaan. Manajemen persediaan adalah proses pengelolaan tingkat persediaan perusahaan, baik di gudang sendiri atau di tempat lain. Secara umum, manajemen persediaan dimulai dengan mengelola barang sejak barang tiba dan mengelola sisanya hingga barang tersebut dibuang. Dengan sistem ini, semua pergerakan, penggunaan, dan penyimpanan inventaris dapat dilacak atau dikendalikan. Manajemen persediaan berarti mengelola tingkat persediaan untuk menyesuaikan jumlah setiap produk dengan permintaan pelanggan. Manajemen inventaris yang tepat memudahkan untuk melacak pesanan dan memelihara rantai pasokan. Sistem ini membantu memprediksi tingkat penjualan produk.

Tujuan utama dari manajemen persediaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan persediaan yang minimal. Penting bagi pemilik bisnis untuk menerapkan sistem ini, tetapi tidak dengan mengorbankan kepuasan pelanggan. Anda dapat mengelola inventaris Anda secara manual atau menggunakan sistem otomatis yang dapat mengelola tingkat inventaris Anda. Selain itu, dapat digunakan untuk meminimalkan risiko kerugian akibat kelalaian.

Mengapa manajemen inventaris itu penting

Setelah membahas implikasi dari manajemen persediaan, artikel ini akan menjelaskan mengapa penting untuk menerapkan sistem ini dalam bisnis Anda. Manajemen inventaris yang tepat menghemat waktu, sumber daya, dan biaya pengoperasian Anda. Bisnis Anda dapat mendatangkan banyak keuntungan dari penjualan. Di sisi lain, jika Anda menjalankan bisnis Anda tanpa manajemen persediaan, keuntungan Anda akan di bawah par. Untuk memperjelas, berikut adalah beberapa alasan mengapa manajemen inventaris penting untuk bisnis Anda.

• Kontrol kualitas produk

Sistem manajemen inventaris memudahkan untuk mengontrol kualitas produk yang Anda stok. Semakin lama Anda menyimpan inventaris, semakin besar kemungkinann akan usang. Untuk menghindari risiko ini, Anda perlu memastikan bahwa inventaris Anda terus berputar. Manajemen inventaris juga memungkinkan Anda untuk memeriksa kualitas inventaris yang Anda terima dari pemasok Anda. Seberapa sering kami mengembalikan produk tertentu atau seberapa sering item tertentu rusak atau cacat.

• Memfasilitasi pengorganisasian perawatan

Gudang yang terorganisir dengan baik memudahkan untuk mengelola, mengatur, dan memaksimalkan inventaris. Manajemen persediaan dalam hal organisasi persediaan sangat penting untuk memastikan bahwa ada persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan. Ini juga membantu untuk menghindari stok mati dan stok berlebih.

• Meningkatkan akurasi akuntansi perusahaan

Catatan inventaris yang akurat sangat penting untuk mengelola dan mengelola aset Anda. Anda harus mengetahui kekayaan Anda baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Ini memungkinkan Anda untuk melihat di mana kekurangan umum dalam memahami nilai bisnis.

Contoh manajemen inventaris

Manajemen persediaan adalah bagian tersulit bagi kebanyakan pebisnis. Jadi apa contoh manajemen persediaan dalam akuntansi? Katakanlah Anda seorang manajer inventaris dan Anda menemukan item atau kumpulan item yang tidak terjual. Produk-produk ini dikenal sebagai “stok mati” dan jika tidak diaktifkan, mereka hanya akan menghabiskan ruang di inventaris Anda dan segera kedaluwarsa. Sebagai manajer inventaris, saya harus menemukan cara untuk mengubah produk ini dengan mengurangi inventaris. Salah satu opsi adalah menggunakan platform kotak langganan kami untuk menggabungkan produk lain dalam permintaan berlangganan kotak surat Anda. Proses ini disebut memetik dan merupakan salah satu dari banyak opsi manajemen inventaris. https://padicargosurabaya.com/