Sidang skripsi jadi peristiwa paling mutlak bagi mahasiswa, perjuangan menuntut ilmu yang dilaksanakan sepanjang 4 th. bakal ditentukan lulus atau tidaknya selagi itu juga. Saking pentingnya, peristiwa ini hingga sebabkan mahasiswa jadi sangat gugup.

Sebagai upaya sehingga sidang skripsimu berjalan dengan lancar dan kamu dapat menjawab pertanyaan dosen penguji dengan baik, maka kamu wajib dapat mengontrol rasa gugup yang ada pada dirimu. Berikut empat langkah mengatasi rasa gugup selagi sidang skripsi kedokteran.

1. Menguasai Materi dengan Baik

Kunci utama sehingga terhindar dari rasa gugup yang berlebihan selagi sidang skripsi, adalah menguasai materi dengan baik. Kalau kamu sudah menguasai materi yang bakal kamu presentasikan kamu bakal jadi lebih percaya diri, setiap pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji termasuk dapat kamu jawab dengan baik.

Namun kamu tidak wajib khawatir, gara-gara tanpa kamu memahami sepanjang pengerjaan skripsi, otakmu turut menaruh segala perihal mutlak dari mengisi skripsimu tersebut. Jadi, pastikan kamu menguasai materimu dengan baik terutama dahulu.

 

2. Latihan

Sebelum sidang skripsi, tidak ada salahnya kamu melaksanakan gladi bersih bagaimana kamu bakal mempresentasikan skripsimu.

Minta beberapa temanmu untuk jadi dosen pengujinya dan berikan pertanyaan random padamu, dengan begini kamu dapat melatih spontanitas di dalam menjawab pertanyaan.

Jangan lupa untuk latihan mengucapkan kata dengan baik, sehingga dosen penguji tidak kebingungan dengan apa yang kamu ucapkan.

3. Lakukan Peregangan

Sambil menunggu sidang skripsi dimulai, kamu dapat melaksanakan peregangan untuk melemaskan otot-otot tubuhmu yang jadi tegang gara-gara gugup. Stretching mudah atau berjalan mondar-mandir termasuk dapat dilaksanakan untuk mengatasi rasa gugup.

 

4. Makan

Pastikan perutmu sudah terisi sebelum sidang skripsi dimulai, ini mutlak gara-gara rasa gugup yang melanda bakal sebabkan tubuh jadi lebih lemas.

Kalau kamu tidak mengisi perut dengan makanan yang ada kamu lemas dan tidak konsentrasi, jadi sedikit banyak coba untuk mengganjal perut dengan makanan.Apa saja yang dapat kamu makan, makanlah. Setidaknya persoalan fisik dapat diatasi dan kamu tinggal fokus mengatasi persoalan psikismu yakni rasa gugup.

 

5. Berdoa

Jangan dulu lupakan doa setiap saat, bahkan di selagi yang mutlak layaknya sidang skripsi. Usahakan yang terbaik lantas berdoalah sehingga diberi yang terbaik pula oleh Tuhan.

Itulah lima langkah untuk mengatasi rasa gugup selagi sidang skripsi, semoga berhasil!