Salah satu yang pada dasarnya perlu Anda ketahui ialah perihal cara analisa harga beton ready mix. Langkah ini merupakan sebuah tahap perencanaan agar semua proses pembangunan konstruksi dapat berjalan lancar. Sebab, penting untuk dipersiapkan.

Cara Analisa Harga Beton Ready Mix

Beberapa Cara Analisa Harga Beton Ready Mix

Analisa harga ready mix merupakan salah satu bagian yang tak boleh Anda lewatkan pada tahap perencanaan. Selain guna menentukan estimasi biaya, hal ini juga diperlukan untuk mengetahui apa saja yang diperlukan. Berikut beberapa perihal analisanya.

  1. Memastikan Harga Satuan Bahan

Langkah awal dalam melakukan analisa harga beton ready mix adalah memastikan penggunaan satuan bahan utamanya. Hal ini dilakukan agar mengetahui estimasi biaya dengan berasumsi harga jualnya lebih tinggi. Sehingga menyiapkan anggaran yang aman.

Pasalnya, harga beton ready mix sangat bervariatif dan bisa saja berubah suatu waktu. Itulah mengapa Anda harus mengasumsikannya menggunakan harga yang lebih tinggi. Jika mengambil murah ternyata tak sesuai, maka anggaran pembangunan akan berantakan.

  1. Estimasi Upah Pekerja

Tahap analisa berikutnya adalah melakukan perhitungan terhadap berapa upah pekerja yang akan dikeluarkan. Tentukan jumlah tukang guna memastikan bayaran per orangnya. Kemudian jangan lupa menghitung berapa lama pengerjaan pembuatan konstruksi.

Jika semuanya sudah Anda pastikan dengan mengambil harga umum atau kemungkinan lebih tinggi, lalu jumlahkan. Setelah itu, gabungkan antara analisa harga bahan satuan bersama biaya upah pekerja. Maka akan keluar hasil secara keseluruhannya dan catat.

  1. Estimasi Ukuran Area Pengecoran

Setelah kedua langkah tersebut sudah Anda lakukan dan telah mendapatkan hasilnya, tentu proses analisa belum selesai. Sebab, masih ada tahapan berikutnya yaitu menghitung ukuran atau volume area pengecoran (Kubikasi). Tujuannya guna mengetahui berapa banyak beton.

Sebenarnya, tahap ini bisa Anda lakukan sebagai langkah awal perencanaan atau proses analisa. Sebab, dengan mengukur volume area pengecoran, maka dapat mengetahui berapa banyak beton yang diperlukan. Selain itu juga bisa estimasi lama pengerjaannya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara analisa harga beton ready mix dan lebih tepatnya ialah hal-hal hang perlu dipastikan. Dengan begitu, jika proses perencana dilakukan secara matang maka seluruh pekerjaan menjadi lebih mudah. Apalagi kalau tersusun rapih.