5 Jurus Sharingan Terbaik yang Pernah Ada dalam Anime Naruto

Dojutsu dikenal dengan teknik mata adalah kemampuan ninja yang menggunakan kekuatan mata, hasil dari kekkei genkai khusus, hanya ninja yang mempunyai kekuatan mata tertentu yang dapat menggunakan jutsu ini. Setiap jenis Dojutsu memiliki kekuatan dan karakteristik masing-masing. Dojutsu bisa ditransplantasikan kepada orang lain, namun biasanya penggunaannya lebih terbatas. Tapi taukah kamu dalam serial anime Naruto, jenis Dojutsu bukan hanya sharingan atau rinnengan saja. Ada beberapa jenis Dojutsu yang menyimpan kekuatan hebat bagi penggunannya. Dojutsu apa saja itu?

Yuk kita simak berita naruto dibawah ini !

  1. Sharingan

Kalian semua pasti tahu Dojutsu satu ini. Yaps, Sharingan adalah Dojutsu milik klan Uchiha yang diwariskan secara turun-temurun ke generasi berikutnya. Untuk membangkitkan Dojutsu  ini, para Uchiha harus merasakan kehilangan suatu hubungan yang berharga dari dalam dirinya. Mata sharingan mampu melihat gerakan dengan cepat dan membuat si pengguna dapat meniru jutsu orang lain, karena sharingan mampu menyimpan memori dari apa yang dilihat.

Puncak tertinggi penguaasan jutsu ini adalah sharingan Izanagi dan Izanami, namun hanya shinobi Uchiha tertentu yang mampu mengaktifkan Teknik ini.

  1. Rinnegan

Rinnegan terkenal sebagai tiga besar teknik mata Dojutsu. Rinnegan hanya bisa muncul ketika seorang mendapatkan chakra dari anggota klan otsutsuki dan keturunannya atau bisa juga melalui transpalasi penggabungan sharingan dengan sel hashirama. Sebagai mata dewa, rinnegan tentu bisa menghancurkan maupun menciptakan. Sehingga seolah0olah pemilik rinnegan adalah penguasa dunia.

  1. Byakugan

Byakugan berarti mata putih. Dojutsu kekei genkai yang dimiliki oleh klan hyuga dan otsutsuki. Kekuatan mat aini mampu menembus penglihatan nyaris tanpa sela seluas hampir 360 derajat sudut pandang. Mudah bagi pemilik byakugan untuk melihat aliran chakra dalam tubuh orang lain dan mengetahui aura chakranya sehingga bisa digunakan untuk membongkar genjutsu.

  1. Mangekyo Sharingan

Mangekyo Sharingan, Dojutsu hasil evolusi dari sharingan biasa. Tidak semua pemilik sharingan mampu mengaktifkan mangekyo sharingan. Kekuatan hebat yang dihasilkan pengguna mangekyo sharingan menjadi mereka menjadi shinobi yang ditakuti. Beberapa contoh kekuatan yang diciptakan oleh Dojutsu ini yaitu, Amaterasu dan susano’o. Namun penggunaan Dojutsu mangekyo sharingan ini memilik efek yang cukup fatal dimana shinobi penggunanya bisa mengalami kebutaan.

  1. Rinne Sharingan

Dojutsu nenek moyang dari Sharingan dan rinnegan, sumber terbentuknya Dojutsu mata klan Uchiha. Pemilik Dojutsu ini adalah kaguya. Dengan rinne sharingan, kaguya bisa memproyeksikan mugen tsukuyomi dan berpindah dimensi.

  1. Tenseigan

Jika Mangekyo sharingan adalah level tinggi dari sharingan, maka tenseigan merupakan Dojutsu level tinggi dari byakugan. Tenseigan berati mata reinkarnasi. Hasil mutasi dari byakugan. Kemampuan mata ini sangat menakutkan. Toneri sebagai salah satu pemilik tenseigan mampu menciptakan bentuk jubah chakra bahkan menciptakan objek seperti Gudoudama. Tenseigan juga memberikan kekuatan mengendalikan gravitasi hingga menggerakan bulan.

  1. Ketsuryugan

Dojutsu milik klan chinoike sang pengendali darah. Ketsuryugan membuat shinobi klam chinoike mampu memanipulasi zat besi dalam darah ataupun cairan lain yang mengandung logam. Dojutsu ini juga bisa membuat seseorang meledak dengan memecah seluruh aliran darah di tubuhnya.

  1. Jogan

Kekuatan mata misterius milik boruto yang tiba-tiba aktif dengan sendirinya. Dojutsu akan aktif ketika boruto memfokuskan pandangannya pada seseorang tanpa disadari. Berbagai kemungkinan tentang Dojutsu ini terus bermunculan, kemungkinan Dojutsu boruto ini berhubungan dengan dimensi klan otsutsuki dan byakugan.