Buah Srikaya Nanas – Saat kamu mendengar kata buah Srikaya, mungkin yang terbenak dipikiran kamu ialah buah dengan bentuk bola kerucut, dan mempunyai kulit tak rata kulit seperti sisik.

Buah srikaya merupakan salah satu dari buah yang sangat terkenal di negara tercinta.

Namun tahukah kamu dari sekian banyak buah srikaya, ada buah yang mirip dengannya, dan buah tersebut dikenal dengan nama buah Srikaya Nanas atau biasa disebut juga dengan nama buah Biriba.

Penyebutan srikaya nanas dikarenakan buah satu ini mempunyai bentuk rupa yang sangat mirip sekali kulit nanas, selain itu rupa bentuknya dan ukuranya juga sekilas sama dengan sirsak.

Buah Biriba yang telah disebutkan diketahui berasal dari negara Amerika Selatan, dan mempunyai rasa daging buah yang lembut dengan sedikit asam.

Ukuran buahnya dapat tiga kali lebih besar dari ukuran buah srikaya pada umumnya dan dengan berat dapat mencapai 2 kilogram per buah.

Keunikan lain dari buah satu ini adalah meskipun memiliki ukuran buahnya besar, namun memiliki biji yang tak banyak sehingga membuat para penikmatnya akan lebih memuaskan.

Selain dikonsumsi secara langsung saat sudah matang, buah srikaya nanas juga bisa diolah menjadi dessert, minuman, dan olahan es krim.

Diketahu tanaman srikaya nanas memiliki nama ilmiah Rollinia Deliciosa, yang hidup pada kawasan tropis dengan pohon dapat tumbuh mencapai tinggi hingga 10 m.

Selain rasanya yang enak buah srikaya satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang diantaranya vitamin C, vitamin E, serat, zat besi, antioksidan, potassium, kalium dan magnesium.

Mengkonsumsi buah Biriba dengan secara rutin dipercaya dapat memberi berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh,

Manfaat buah srikaya nanas

Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari mengkonsumsi buah srikaya unik ini.

  1. Menurunkan kolesterol jahat.
  2. Melancarkan sistem pencernaan.
  3. Mencegah penyakit asma kumat.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  5. Mencegah penyakit stroke dan serangan jantung.
  6. Memperkuat sekaligus menjaga kesehatan gigi dan tulang.
  7. Mencegah penuaan dini.
  8. Mempercepat penyembuhan luka.
  9. Meningkatkan sistem imun tubuh.
  10. Sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Nah itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah satu ini, oh ya buah srikaya nanas di Indonesia cukup sulit dijumpai, namun tenang ada banyak yang menjual bibitnya, jadi kamu bisa menananya sendiri di rumah.

Tertarik untuk mengkonsumsi buah satu ini? Sumber healty99