Dunia bisnis memang sedang berkembang pesat. Munculnya trend bisnis muda yang sukses menjadikan banyak bermunculan bisnis baru. Namun dalam prakteknya sangat tidak mudah. Hal tersebut karena dalam dunia bisnis membutuhkan kreativitas dan nilai baru dari aktivitas yang dilakukan. Untuk itu berikut 7 jenis bisnis budidaya unik dan langka yang berpotensi sukses:

1. Bisnis Budidaya Tanaman Porang

Bisnis budidaya unik yang pertama adalah tanaman porang. Jenis tanaman penghasil ubi ini menjadi pilihan bagus untuk dibudidayakan. Selain itu, tanaman ini juga berpotensi menjadi bisnis karena kandungan manfaatnya yang sangat banyak. Tanaman porang dapat dimanfaatkan menjadi bahan kosmetik, tepung, jelly, hingga penjernih air.

2. Budidaya Bekicot

Bekicot memang termasuk salah satu hewan yang cukup menjijikan bagi beberapa orang. Namun siapa sangka hewan satu ini berpotensi dijadikan bisnis budidaya yang menguntungkan. Kandungan protein yang tinggi pada daging bekicot sangat strategis digunakan untuk masakan sate, tongseng, keripik dan potensi bisnis lainnya. Selain enak, bekicot juga mengandung banyak khasiat.

Lahan untuk budidaya bekicot juga tidak terlalu besar dan mudah dibuat. Cukup menggunakan kotak yang tidak terlalu besar yang terbuat dari kayu atau bambu dengan kelembaban yang cukup. Tempat lahan seperti itu sudah cukup untuk budidaya perkembangbiakan bekicot. Untuk makanannya juga mudah didapatkan seperti daun segar, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

3. Bisnis Budidaya Cacing

Jenis budidaya satu ini cukup mudah dilakukan dan tentu menguntungkan. Proses budidaya cacing hanya membutuhkan tanah dengan kondisi kelembaban yang bagus. Untuk itu tidak memerlukan lahan yang cukup luas. Eksistensi cacing juga sangat strategis jika dijadikan bisnis. Hal tersebut karena banyak dibutuhkan seperti kebutuhan pertanian hingga kuliner.

Info Lainnya : 7 Bisnis Budidaya Unik yang Menguntungkan, Simak Yuk!

4. Budidaya Lintah

Hewan penghisap darah satu ini sudah cukup terkenal manfaatnya dalam dunia kesehatan dan pengo batan. Lintah dapat dimanfaatkan untuk pengo batan terapi penyakit darah tinggi, kolesterol, kelenjar getah bening, dan pengo batan lainnya. Tingkat efektifitasnya yang tinggi menjadikan harga lintah sangat tinggi sehingga cocok menjadi pilihan bisnis budidaya unik.

5. Bisnis Budidaya Belut

Selanjutnya yaitu budidaya belut. Ciri khas dagingnya yang tebal dan empuk menjadikan belut sebagai salah satu komoditas pangan yang cukup strategis. Banyak restoran dan rumah makan yang mengolah daging belut menjadi masakan yang unik dan enak. Budidaya belut juga cukup mudah dilakukan seperti di sawah, kolam lumpur, atau kolam terpal.

6. Budidaya Kaktus Mini

Pilihan bisnis selanjutnya yaitu budidaya kaktus mini atau sukulen. Bagi pecinta tanaman tentu budidaya kaktus ini cocok untuk dijadikan salah satu bisnis. Cara perawatan dan pembudidayaan yang mudah yakni vegetatif membuat budidaya ini menarik untuk dicoba. Kaktus mini cocok digunakan sebagai hiasan atau souvenir yang mungil dan cantik.

7. Bisnis Budidaya Buah Ciplukan

Sebagian masyarakat mungkin tidak terpikirkan untuk menjadikan buah ciplukan sebagai bisnis. Buah dengan cita rasa asam ini banyak tumbuh secara liar terutama di sawah. Buah ciplukan sendiri memiliki banyak khasiat seperti mengatasi epilepsi, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, dan mengo bati nyeri sendi.

Demikian 7 jenis bisnis budidaya unik dan langka yang dapat dicoba. Tentunya rekomendasi bisnis-bisnis tersebut sedang menjadi trend saat ini. Selain itu, tingkat keuntungan yang diperoleh juga sangat tinggi. Hal tersebut karena produk hasil budidaya sedang mengalami permintaan yang tinggi pada pasar. Bagi para pebisnis yang tertarik dalam budidaya wajib untuk mencoba.

Dapatkan info menarik lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com