Platform crypto market Binance dan Indodax merupakan yang paling terkenal saat ini di Indonesia. Namun antara Binance vs Indodax, manakah yang lebih baik?

Artikel ini akan menjelaskan secara detail dua exchange jual beli aset digital yang tengah populer digandrungi masyarakat dunia saat ini. Keduanya memiliki pangsa pasarnya masing-masing, namun tentunya ada plus minusnya. Para investor kripto dapat memberikan penilaiannya masing-masing.

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana berinvestasi atau trading di dua platform exchange kripto tersebut, kita akan membahas mengenai penjelasan aset kripto terlebih dahulu. Mungkin, kamu tidak asing mendengar Bitcoin.

Bitcoin dan kripto lain seperti Ethereum dan lain-lain adalah sebuah komoditas cryptocurrency yang bisa dijadikan investasi atau trading. Orang-orang bisa memanfaatkan dan mengambil keuntungan dari selisih naik dan turun harga aset kripto.

Sebenarnya, aset kripto itu memiliki tujuan fundamental yang berbeda-beda. Misalnya seperti Bitcoin yang memiliki fungsi sebagai nilai lindung. Sedangkan, Ethereum sebagai mata uang alat penukaran atau transaksi di jaringannya.

Aset kripto yang mengadopsi teknologi blockchain juga memiliki ekosistem seperti non-fungible token (NFT) dan metaverse yang lagi booming dan juga Decentralized Finance (DeFi).

Lebih lanjut, mari kita bahas dua exchange kripto populer di Indonesia ini.

Apa itu Indodax

Indodax adalah platform jual beli (marketplace) aset kripto terbesar di Indonesia. Mengutip situs resminya, Indodax memiliki 5.383.362 atau 5,3 jutaan lebih member terverifikasi, kamu bisa melakukan jual beli aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, serta puluhan aset lainnya dengan mudah dan aman.

Apa Saja Kelebihan Indodax

Aman dan Berizin Resmi Bapebbti

Indodax yang merupakan platform jual beli aset kripto menjadi yang aman dan terpercaya. Platform besutan Oscar Dermawan ini juga sudah memiliki izin resmi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang menaungi komoditas tersebut.

Bursa Crypto Market Pertama di Indonesia

Indodax adalah sebuah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset digital terbesar di Indonesia. Telah beroperasi sejak tahun 2014, Indodax telah aktif melayani diatas 5 juta member yang tersebar di 80 negara dan menyediakan lebih dari 160 jenis aset kripto yang siap untuk diperjual-belikan. Lebih dari 10 juta pengunjung dengan volume trading mencapai Rp3 triliun perbulannya, Indodax telah lama dikenal sebagai platform berlikuiditas tinggi dan pernah beberapa kali melantai posisi keempat marketplace aset kripto terbaik di dunia dilihat dari segi web traffic menurut ICO Analytics.

Banyak Pilihan Aset Kripto yang Diperdagangkan

Selain itu, Indodax juga memiliki banyak pilihan aset yang diperdagangkan. Tercatat 200 aset kripto terdapat di exchange pertama di Indonesia ini.

Gratis Analisa dan Informasi Chart

Di sisi lain, Indodax juga menyediakan fasilitas gratis analisa dan informasi chart. Ini menjadi salah satu keunggulan Indodax.

Apa Saja Kekurangan Indodax

Fee Mahal

Di Indodax, sebagian menilai fee-nya terlalu mahal. Namun untuk lebih jelasnya anda dapat mengaksesmengakses rincian fee Indodax di sini.

Apa itu Binance

Binance Exchange adalah bursa pertukaran kripto di mana pengguna dapat melakukan transaksi jual beli aset kripto atau menukar mata uang kripto lainnya. Platform trading Binance menawarkan koin kripto terbanyak, memiliki biaya transaksi rendah, dan proses transaksi likuiditas tinggi.

Kelebihan Binance

Exchange Kripto Terbesar di Dunia

Platform besutan Changpeng Zhao yang berasal dari negeri China ini menjadi salah satu yang terbesar di Dunia. Melansir financer, Binance memiliki lebih dari 15 juta pengguna dengan volume perdagangan rata-rata US$2 miliar per hari.

Banyak Pilihan Koin Kripto

Sama halnya seperti Indodax, Binance juga memiliki banyak pilihan aset Kripto yang diperdagangkan.

Produk Beragam

Binance juga memiliki keunggulan produknya yang beragam. Banyak produk yang ditawarkan dari platform besutan Zhao ini.

Kelemahan Binance

Tidak Berizin Bapebbti

Sayangnya, sejak Oktober 2020 website utama Binance, binance.com, tidak bisa diakses di Indonesia. Binance belum terdaftar sebagai bursa penukaran di bawah Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti).

Deposit Tidak Bisa Transfer Bank, Harus Kripto atau P2P

Sayangnya untuk deposit di Binance tidak bisa transfer langsung antar bank. Para investor akan sedikit dibuat rumit dengan skema yang ditetapkan tersebut.

Mana yang lebih baik? Indodax atau Binance

Menarik kesimpulan, penulis menganalisis bahwa perizinan merupakan salah satu hal mutlak di Indonesia. Indodax sejak beberapa tahun lalu sudah mengantongi izin Bapebbti, namun sayangnya Binance belum.

Indodax sebagai marketplace aset Kripto pertama di indonesia memiliki lebih dari 5 juta member terverifikasi. Namun sayangnya, website binance saat ini belum bisa diakses. Namun binance dan indodax memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.