Untuk mengetahui semua hal yang berhubungan dengan naik haji selain biayanya, Anda bisa mencari informasi dengan berbagai cara. Berapa lama haji termasuk salah satu yang perlu diketahui berhubungan dengan kegiatannya. Beberapa fakta yang perlu diketahui mengenai perjalanan haji dan rincian kegiatannya adalah:

 

1.     Waktu

Berapa lama haji atau bisa disebut dengan masalah waktu adalah hal pertama yang harus Anda ketahui.  Setelah biaya Anda ketahui, ada juga masalah waktu dan serangkaian kegiatannya yang harus diketahui sebelum memulai ibadah. Dimana waktu yang dibutuhkan selama melakukan ibadah haji adalah kurang lebih selama 40 hari. Dengan rincian kegiatan yang memang sudah ditentukan, di luar dari kegiatan pribadi.

 

2.     Rencana Perjalanan

Setelah mengetahui kebutuhan waktu yang diperlukan untuk melakukan ibadah haji, selanjutnya adalah rencana perjalanan dan serangkaian kegiatan wajibnya beribadah haji. Sebelum memulai ibadah, pastinya ada rangkaian kegiatan mulai dari berangkat dari daerah atau Negara masing-masing umat hingga menempati penginapan yang dikhususkan untuk para jamaah haji tersebut.  Itulah yang menyebabkan kegiatan ibadah haji memang sedikit lebih lama waktunya dan hanya dilakukan sekali dalam setahun.

 

3.     Kegiatan Wajib

Setelah perjalanan yang menempuh waktu cukup lama, barulah ditentukan oleh panitia rombongan haji kapan kegiatan wajib bisa mulai dilakukan oleh para jamaah haji.  Adapun kegiatan wajib yang harus dilakukan para jamaah haji adalah mulai dari ihram dan niat, wukuf di Arafah, Mabit di Muzdallifah, Jumrah Aqabah, Mabit, Thawaf Ifadhah, Sai, dan juga Thawaf Wada.

 

4.     Kegiatan Tidak Wajib

Untuk kegiatan yang satu ini bergantung pada masing-masing orangnya, karena kegiatan tidak wajib ini tidak masuk dalam rukun kegiatan haji. Baik kegiatan pribadi yang tidak berhubungan dengan ibadah yang termasuk kegiatan sehari-hari selama di tanah suci ataupun kegiatan ibadah lainnya yang tidak diwajibkan dan tidak termasuk rangkaian kegiatan ibadah haji.  Salah satunya kegiatan pribadi seperti berwisata setelah beribadah dan mencari oleh-oleh.

 

Itulah beberapa fakta terkait perjalanan haji yang perlu Anda ketahui termasuk berapa lama haji dan beberapa fakta lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan waktu dan kegiatan yang akan dilakukan selama di Mekah. Semuanya bisa Anda ketahui juga melalui website resmi https://sembilankita.com/umrah.