Bagi para pecinta tanaman, memelihara tanaman hias mungkin suatu hal yang sangat menyenangkan. Memelihara tanaman hias bisa dibilang susah-susah gampang lho! tergantung juga jenis tanaman apa yang anda pilih. Menjaga dan merawatnya agar bisa tumbuh subur dan lebat merupakan sebuah tantangan bagi anda, apalagi bila anda adalah seorang pemula. Bila anda masih cukup asing dengan kegiatan tersebut, anda perlu mencoba untuk memelihara bunga krisan.

Tanaman ini cocok untuk dipelihara oleh pemula dikarenakan perawatannya yang mudah. Tanaman krisan ini, banyak ditemukan pada karangan bunga Jakarta yang dijual di berbagai toko bunga. Banyak karangan bunga Jakarta yang menggunakan bunga krisan sehat dan subur karena perawatannya yang benar. Lalu, apa saja yang perlu dilakukan agar tanaman tersebut tumbuh subur?

Agar bunga krisan tumbuh subur, anda dapat melakukan cara berikut:

1.      Tempatkan tanaman di tempat teduh

Karena habitat asli tanaman ini di dataran tinggi, maka dari itu tanaman ini tidak dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah yang sangat panas. Sangat disarankan menempatkannya di tempat yang lebih sejuk agar tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik dan tetap segar. Usahakan agar tanaman tidak terkena sinar matahari langsung karena hal tersebut dapat membuat tanaman menjadi kering.

2.      Buat jarak antar tanaman bunga krisan

Apabila anda menanam tanaman krisan di tanah secara langsung dan tidak menggunakan pot, buatlah jarak yang cukup antar tanaman. Jarak yang tepat, akan membuat bunga krisan tumbuh dengan baik karena sirkulasi udara yang diperoleh cukup.

3.      Gunakan media tanam yang mampu menahan air

Tanaman krisan merupakan salah satu tanaman hibrida yang berasal dari Negara Jepang, bunga krisan Belanda dan Amerika telah mampu beradaptasi dengan iklim di Indonesia sehingga mungkin anda sering menjumpai para pedagang bunga tersebut menggunakan sekam tembikar untuk media tanamnya. Agar tanaman tumbuh subur, anda dapat memindahkannya ke dalam pot besar dengan media tanam yang dapat menahan air. Media tanam tersebut diperlukan karena tanaman krisan tidak dapat bertahan hidup di tempat kering dalam waktu yang lama.

4.      Siram tanaman krisan pada pagi hari

Anda dapat melakukan penyiraman tanaman ini pada pagi hari dan cukup sekali dalam sehari. Siram tanaman dengan intensitas air secukupnya dan jangan sampai menggenang, hal tersebut dikarenakan kelebihan air justru dapat membuat tanaman krisan cepat busuk.

5.      Perhatikan suhu dan kelembaban

Salah satu kunci agar bunga krisan tumbuh subur dan sehat adalah memperhatikan suhu dan kelembaban di sekitar tanaman. Pada daerah yang beriklim hangat, tanaman krisan cenderung lebih lambat berbunga. Suhu yang tidak stabil juga dapat mempengaruhi kuncup bunga krisan berbentuk tidak teratur.

6.      Pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup

Meskipun lebih cocok tumbuh di daerah dingin dan teduh, namun tanaman ini tentunya tetap memerlukan penyinaran matahari yang cukup. Sifat fotoperiode yang dimiliki tanaman tersebut, membuatnya membutuhkan sinar matahari untuk bisa mekar dan berbunga secara sempurna.

Tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias atau memberikan nilai estetika saja, bunga krisan ternyata juga berfungsi sebagai pembersih udara. Tanaman krisan yang tumbuh dengan baik, tentunya menghasilkan bunga dengan kualitas terbaik juga. Meme Florist merupakan salah satu toko bunga yang menjual berbagai karangan bunga Jakarta dengan kualitas yang tak perlu dipertanyakan. Melalui pemesanan daring, mempermudah anda untuk mendapatkan karangan bunga yang anda butuhkan. Dipercaya sebagai toko bunga daring dengan kualitas nomor 1, anda tidak perlu ragu untuk melakukan pemesanan di Meme Florist.