Doa dan Ayat Pengusir Jin dalam Rumah | Popmama.com
source gambar : popmama.com

Nabi Sulaiman merupakan salah satu nabi Allah yang terkenal karena kemuliaannya. Selain itu nabi Sulaiman juga merupakan salah satu nabi yang selalu memberikan teladan yang baik bagi umat Islam. Bahkan saking mulianya sampai saat ini ajaran yang dilakukan nabi Sulaiman masih bisa dicontoh dan diaplikasikan oleh umat Islam.

Karena kemuliaan itulah akhirnya Allah pun memberikan mukjizat kepada nabi Sulaiman berupa kelebihan dimana beliau bisa berkomunikasi dengan hewan. Selain mukjizat tersebut ternyata nabi Sulaiman juga memiliki kelebihan lain yakni beliau bisa memerintah bangsa jin, bahkan bisa menundukan angin.

Akibat kemampuan nabi Sulaiman yang bisa memerintah jin akhirnya ia pun memanfaatkan kelebihan tersebut untuk menjadikan jin menjadi tentara penjaga di istananya. Dimana istana tersebut sangatlah megah bahkan seluruh bangunannya dilapisi oleh tembaga. Itu karena nabi Sulaiman memang terkenal juga sebagai nabi yang dianugerahkan kekayaan yang melimpah oleh Allah SWT.

Namun meskipun diberkahi dengan segala macam kelebihan pribadi nabi Sulaiman tetaplah menjadi pribadi yang pandai bersyukur dan mengingat Allah. Tentunya sifat ketawakalan dari nabi Sulaiman ini menjadi panutan bagi banyak orang. Ternyata setelah diteliti sifat mulia dan juga keberkahan yang didapatkan nabi Sulaiman ini berasal dari doa – doa yang sering ia amalkan.

Menurut beberapa sumber terdapat doa – doa yang bersumber dari potongan ayat alquran yang biasa diamalkan oleh nabi Sulaiman. Doa tersebut dikenal sebagai doa nabi Sulaiman, berikut beberapa doa yang sering dilantunkan oleh nabi Sulaiman.

  1. Doa untuk memperoleh rezeki dari Allah

“Rabbighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka antal wahhaab.”

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juga pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Selain itu ada pula wirid dan doa Nabi Sulaiman untuk meminta kekayaan dan kecukupan.

“Wa annahu huwa aghnaa wa aqnaa” dibaca sebanyak 313x.

Artinya: “Dan sesungguhnya Dia yang memberikan kekayaan dan kecukupan.”

  1. Doa agar diselamatkan dari musibah

“Rabbi a’udhu bika min hamazatisy syayathini wa a’udzubika rabbi ay yahdlurun.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung kepada Engkau yang Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.”

  1. Doa untuk mensykuri nikmat Allah

“Alhamdulillahil ladzii fadhdhalanaa alaa kasyiirim min ibaadihil mu’miniina.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba hambaNya yang beriman.” (QS. An Naml ayat 15)

“Rabbi awzi’nii an asykura ni’mataka latii an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa-an a’mala shaalihan tardaahu wa-adkhilni birahmatika fii ‘ibaadika shshaalihiin.”

Artinya : Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An Naml ayat 19)

  1. Doa berlindung dari godaan jin saat sholat

“Allahumma inni a’udhu bika minasy syaithoni min hamazihi wa nafkhihi wa nafsihi.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari setan, dari kesombongannya, tiupannya dan hembusannya.”

Itulah beberapa doa nabi Sulaiman yang bisa ikuti dan kita amalkan di kehidupan sehari – hari. Semoga dengan mengamalkan doa – doa tersebut kita juga bisa menjadi salah satu hamba Allah yang memperoleh syafaat-Nya.