Iklan dipandang mampu untuk menyampaikan tujuan dan konsep produk yang ditawarkan kepada pelanggan atau konsumen, dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan penelitian.

Dengan periklanan dapat memberikan cakupan lebih banyak, lebih menarik, labih cepat mengenalkan produk baru, menurunkan fluktuasi penjualan, dan dapat membangun nama baik.

Iklan bermanfaat untuk memberi informasi, untuk membujuk dan meyakinkan konsumen akan adanya suatu produk, mengingatkan pada produk atau merek yang pernah dikenal, membantu evaluasi pembelian dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

 

Ada beberapa kualitas yang dimiliki periklanan (Kotler, 1997) yaitu antara lain :

 

Presentasi publik

Iklan adalah cara komunikasi yang sangat umum. Sifat umumnya memberi semacam legitimasi pada produk dan juga mengesankan produknya standar.

Karena banyak orang menerima pesan yang sama, pembeli tahu bahwa motif mereka untuk membeli produk tersebut akan dipahami secara umum.

 

Daya serap (pervasiveness )

Iklan adalah media yang berdaya serap yang memungkinkan penjual mengulang suatu pesan berkali-kali. jasa iklan google bandung juga memungkinkan pembeli menerima dan membandingkan pesan dari pesaing.

Memperkuat ekspresi

 

Iklan memberi kesempatan mendramatisir perusahaan dan produknya melalui penggunaan seni cetak, suara dan warna.

 

 

Tidak bersifat pribadi (personal)

 

Iklan tidak memiliki sifat memaksa yang sekuat wakil penjualan perusahaan. Penerima tidak merasa berkewajiban untuk memberi perhatian atau respon.

Iklan adalah media yang berdaya serap yang memungkinkan penjual mengulang suatu pesan berkali-kali. Iklan juga memungkinkan pembeli menerima dan membandingkan pesan dari pesaing (Kotler, 1997).

Namun apabila penjual mengulang suatu pesan berkali-kali atau terlalu banyak dapat meningkatkan sikap negatif konsumen terhadap pesan atau iklan tersebut (Mowen & Minor, 2001).