Limbah lemak adalah limbah yang masih dianggap remeh oleh masyarakat, hal tersebut dibuktikan masih banyaknya masyarakat umum yang membuang limbah dapur mereka kedalam wastafel dan saluran pembuangan lainnya yang tidak di peruntukan untuk membuang zat zat tersebut. Limbah dapur yang dibuang akan menyebabkan masalah serius pada saluran pembuangan bangunan. Apalagi jika kasus tersebut terjadi di apartemen, maka yang terdampak bukan hanya yang membuang  limbah tersebut namun seluruh penghuni yang terhubung ke pipa pembuangan yang sama.

 

Limbah dapur memang terlihat cair dan dapat dengan mudah untuk mengalir ke tempat pembuangan, namun sebenar nya ada zat zat padat yang tersembunyi di dalam cairan tersebut. Zat zat padat tersebut bisa sisa sisa bumbu dapur yang memiliki ukuran yang relatif kecil. Namun jika terjadi hambatan sedikit saja pada saluran pembuangan maka zat kecil tersebut akan menumpuk di hambatan tersebut dan akan memperlambat cairan untuk keluar menuju pembuangan.

 

Selain zat padat yang kecil, zat cair juga dapat berubah menjadi zat padat yang akan menyumbat saluran pembuangan. Zat pada tersebut adalah minyak sisa. Minyak sisa dapat berubah menjadi padat jika dia mendingin tentu hal tersebut akan menjadi masalah jika dibuang ditempat yang tidak semestinya.

 

Mengenal Apa Itu Fiberglass Grease Trap?

 

Fiberglass grease trap adalah material yang diperuntukan khusus untuk memisahkan limbah dapur padat dengan air biasa. Grease trap sangat umum digunakan di restoran atau apartemen dalam untuk menghemat pengeluaran dan menjaga saluran pembuangan mereka. Grease trap sangat populer karena kualitasnya yang sangat mumpuni. Di Dalam grease trap tidak terdapat mesin atau benda bergerak apapun namun dapat memisahkan zat padat dengan air dengan sangat baik.

 

Grease trap memiliki bahan penyusun berupa fiberglass yang merupakan bahan penyusun yang sama dengan septic tank dan beberapa tangki air lainnya. Fiberglass memiliki ketahanan hampir dalam segala aspek dengan sangat baik, hal tersebut dapat dibuktikan dalam penggunaan nya dalam bahan baku septic tank. Septic tank harus menampung kotoran dengan sifat korosif dan ditambah suhu dan tekanan yang tinggi dari gas yang dihasilkan kotoran. Namun septic tank yang menggunakan fiberglass tidak mengalami kerusakan apalagi kegagalan struktur, maka dari itu grease trap menggunakan fiberglass sebagai bahan baku utamanya.

 

Keunggulan Fiberglass Grease Trap

 

Fiberglass grease trap digunakan karena memiliki banyak keunggulan yang bisa material ini tawarkan, lalu apa saja keunggulan tersebut?

 

  • Lebih Terjangkau

Fiberglass grease trap memiliki harga yang lebih terjangkau jika mau dibandingkan dengan grease trap yang memiliki bahan penyusun berupa stainless. Memang stainless memiliki ketahanan yang besar namun grease trap memiliki kualitas yang sama dengan stainless. Ditambah dengan harga yang lebih murah membuat fiberglass grease trap memiliki peminat yang lebih besar.

 

  • Ketahanan Terhadap Karat

Meskipun lebih murah fiberglass grease trap memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap karat, hal tersebut tidak jauh berbeda dengan grease trap yang berbahan stainless, namun grease trap berbahan stainless memiliki harga yang lebih tinggi daripada fiberglass grease trap.

 

  • Kuat Puluhan Tahun

Fiberglass grease trap memiliki umur efektif yang sangat panjang bahkan jika digunakan dengan benar, fiberglass grease trap memiliki masa pakai sampai puluhan tahun. Hal tersebut dapat dicapai karena fiberglass memiliki ketahanan dalam hampir segala aspek yang membuat material ini memiliki umur yang sangat panjang. Untuk grease trap berbahan stainless sebenarnya juga dapat kuat puluhan tahun, namun tetap memiliki resiko pecah atau bocor akibat cairan limbah yang bersifat korosif.

 

  • Model Simple Dan Ringan

Fiberglass grease trap memiliki desain yang sangat ramping dan simpel. Yang membuat material ini tidak memerlukan tempat khusus yang luas hanya untuk menaruhnya.

 

  • Bebas Lumut

Fiberglass grease trap memiliki ketahanan yang besar terhadap lumut. Keberadaan lumut pada grease trap bukan hanya membuat tampilan menjadi terlihat kotor namun akan membuat permukaan yang ditumbuhi lumut akan berkurang kekuatan nya. Hal tersebut akan menjadi kerugian di masa depan jika tidak langsung dibersihkan. Karena akan membuat grease trap bocor atau bahkan berlubang.