Oksigen Konsentrator merupakan alat bantu medis yang digunakan didalam terapi oksigen. Alat ini digunakan untuk pasien yang mengalami ada masalah bernapas contohnya seseorang yang punya penyakit pneumonia, asma, gagal jantung, atau COVID-19.

Alat medis ini bekerja bersama memproduksi udara bebas di kira-kira menjadi oksigen murni yang bisa digunakan pasien. Oksigen yang dihasilkan punya persentase kemurnian sampai 93% dan bisa memproduksi 1 sampai 5 liter oksigen per menit.

Cara kerjanya bersama menyingkirkan nitrogen dari udara dan menghasilkan oksigen murni sampai 96%. Sebagai informasi, udara ruangan mempunyai kandungan 80% nitrogen dan 20% oksigen. Dengan konsentrator oksigen, persentase udara dapat berubah melalui sistem penyaringan.

Ada dua filter atau saringan didalam satu mesin. Satu untuk menyita udara dari luar. Saringan seterusnya untuk mengalirkan oksigen ke pasien.

Dilihat dari bentuk dan fungsinya, oksigen konsentrator ini termasuk lebih ringkas dan gampang dibawa dibandingkan tabung oksigen cair.

Pemakaiannya pun sesuai untuk pemanfaatan di tempat tinggal karena tak sekedar portable dan tidak wajib diisi ulang, alat medis ini termasuk lebih safe dibandingkan oksigen ciar karena tidak gampang bocor dan terbakar.

Alat ini perlu kekuatan listrik untuk bisa digunakan. Sehingga, bisa digunakan selama 24 jam penuh. Namun kekurangannya, oksigen konsentrator tidak bisa digunakan kecuali terjadi mati listrik.

Alat bantu oksigen kini sedang menjadi keperluan utama bagi pasien covid-19 yang mengalami tanda-tanda masalah pernapasan.

Dalam rangka menunjang masyarakat, Gerakan #Indonesiapastibisa menghadirkan beraneka program bantuan, keliru satunya program pemberian peminjaman generator oksigen gratis.

Saat ini program tersebut termasuk udah memasuki tahap persiapan akhir yaitu sistem pengiriman pasokan serta integrasi sistem supaya bisa langsung dilaksanakan.