Apa Itu Jerawat Pustula? Ini Dia Ulasannya – Jerawat sebagai salah satunya permasalahan kulit yang kerap di rasakan. Jurnal Seatpearls menerangkan jerawat ialah abnormalitas inflamasi pada unit pilosebasea yang berjalan secara akut dan dapat pulih sendirinya. Abnormalitas kulit ini umum dan bisa memiliki sifat inflamasi dan non-inflamasi.

Selainnya di muka, jerawat bisa juga tumbuh di tempat badan yang lain, terutamanya yang memiliki kandungan banyak minyak atau sisi tumbuh yang lembab. Tipe jerawat yang tumbuh itu umumnya memiliki warna warna putih atau merah dengan sisi tengah warna putih.

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Bila mempunyai tonjolan semacam itu di badan, kemungkinan anda mempunyai jerawat pustula.

Jerawat pustula ialah tonjolan kecil di kulit yang berisi cairan atau nanah. Umumnya ada sebagai tonjolan putih yang dikitari oleh kulit merah kadang jerawat ini dapat tumbuh kecil, tapi dapat tumbuh lumayan besar.

Tipe jerawat ini bisa mengalami perkembangan pada bagian badan mana saja, tapi tersering di punggung, dada dan muka. Umumnya, jerawat pustula dapat diketemukan bergerombol di tempat badan yang serupa.

Pemicu tumbuhnya jerawat pustula umumnya karena kesetidakimbangan hormon atau peralihan hormon pada tubuh. Keadaan kulit ini umum, khususnya di kelompok remaja dan dewasa muda.

Jerawat pustula dapat ditangani dengan beberapa obat atau bila kasusnya telah kronis, kemungkinan dokter akan bertindak seperti operasi.

 

Baca juga: Ini Dia 15 Manfaat Jus Buah Naga Untuk Diet dan Ibu Hamil

 

Jerawat pustula bisa tercipta saat kulit anda meradang karena reaksi alergi pada makanan, alergi lingkungan, atau gigitan serangga.

Jerawat pustla berkembang saat dinding pori yang terserang mulai hancur. Selanjutnya ada bintik merah di kulit yang membesar atau pembengkakakn papula di kulit. Sel darah putih bergabung di papula, membuat nanah yang menantang infeksi dari bakteri atau kotoran yang masuk ke pori-pori.

Di titik ini, papula jadi pustula yang berisi sebum, bakteri, dan beberapa puing sel. Bakteri pemicu jerawat ini ialah Propionibacterium acnes.

Pemicu jerawat pustula hampir serupa dengan lainnya, yakni peralihan hormonal sepanjang pubertas, kehamilan, menopause, diet, menyanggaknya minyak dan kotoran di kulit dan beberapa obat tertentu. Disamping itu, jerawat ini bisa juga dikarenakan oleh factor genetik.

Jerawat pustula dapat tumbuh dimanapun, tapi seringkali tumbuh di tempat badan yang berminyak, seperti muka dan leher, dan tempat yang berkeringat, seperti ketiak, dada, dan tempat kemaluan.

Wujud jerawat pustula warna putih atau merah dengan sisi tengah warna putih. Umumnya akan memunculkan sakit waktu dipegang. Disamping itu, kulit disekitaran tonjolan menjadi merah dan meradang.

American Academy of Dermatology menerangkan ada enam tipe jerawat yang kerap dirasakan oleh anda, yakni whiteheads atau komedo putih, blacksheads atau komedo hitam, pustula, papula, nodul dan kista. Berikut ketidaksamaan jerawat pustula dengan jerawat biasa.

Pada umumnya, jerawat mempunyai watak yang sama. Karena semua jerawat disebabkan karena pori-pori yang mampet. Tetapi, ciri-ciri fisik di antara jerawat pustula dengan jerawat biasa berlainan.

Komedo hitam dan komedo putih ialah tipe jerawat paling kecil. Komedo hitam mempunyai pori-pori terbuka, sedang komedo tertutup pada komedo putih.

Ciri-ciri fisik jerawat pustula sama dengan jerawat papula, ke-2 nya semakin besar dari komedo dan komedo putih. Jerawat ini terjadi saat dinding pori-pori hancur dan mengakibatkan jerawat yang semakin besar tercipta.

Jerawat pustula umumnya memiliki warna putih dan tidak berisi nanah, seperti papula. Disamping itu, jerawat pustula halus waktu dipegang.

Sementara jerawat nodul dan kista semakin besar dari papula dan pustula. Umumnya, tipe jerawat ini membutuhkan perhatian klinis untuk pengobatan. Disamping itu, jerawat tipe ini bisa juga membuat kulit disekitaran pori jadi benar-benar mengalami iritasi. Nodul lebih keras waktu dipegang, sedang kista memiliki sifat lebih lunak.

Jerawat pustula bisa pulih tanpa penyembuhan. Mom, perlu jaga kulit disekitaran jerawat pustula tapi bersih dan bebas minyak. Triknya, anda perlu membersihkan muka sama air hangat dan sabun muka 2x satu hari.

Tetapi beberapa orang yang berasa jika perawatan ini kelamaan mengobati jerawat pustula. Apa lagi memiliki bentuk yang mengusik performa, anda pasti usaha untuk menghilangkan dengan beragam langkah.

Langkah hilangkan jerawat pustula dapat meggunakan cream, salep dan sabun yang memiliki kandungan salicylic acid, sulfir dan peroxide. Tetapi, produk ini cuman berlaku untuk di wilayah yang bukan sisi genital atau alat kelamin ya anda.

 

Baca juga: Manfaat lobak putih untuk wajah

 

Penting untuk menghindar mengorek atau meledakkan jerawat pustula. Lakukan ini bisa mengakibatkan kerusakan selanjutnya dan perpanjang proses pengobatan.

Bila penyembuhan rumahan gagal, anda bisa bicara sama dokter dan minta resep untuk hilangkan jerawat pustula. Obat sama sesuai jumlah dokterbiasanya bisa lebih cepat hilangkan jerawat pustula.

Produk jerawat dapat keringkan kulit. anda yang memilii kulit peka harus cari produk yang tidak begitu membuat iritasi dan bisa menolong lembabkan kulit. Bila kulit jadi meradang, seorang harus stop memakai produk itu.

Dua tipe penyembuhan ini dipandang seperti langkah hilangkan jerawat pustula yang paling baik.

Beberapa orang yakin, penyembuhan rumahan efisien untuk menyembuhkan jerawat terhitung jerawat pustula. Berikut langkah mengobatai jerawat pustula di dalam rumah.

Bila penyembuhan rumahan gagal hilangkan jerawat, anda dapat segera konsultasi sama dokter. Nanti dokter akan memberinya penyembuhan yang bisa hilangkan jerawat pustula, khususnya yang disebabkan karena infeksi bakteri.

Dokter nanti akan memberinya obat, seperti antibiotik oral, seperti doksisiklin dan amoksisilin; antibiotik tropis, seperti dapson asam salisilat.

Dalam beberapa kasus, dokter akan merekomendasikan untuk lakukan potodinamik (PDT) therapy untuk menyembuhkan jerawat pustula.

PDT ialah perawatan yang menyatukan sinar dan jalan keluar khusus yang aktifkan sinar yang menarget dan merusak jerawat. Selainnya hilangkan pustula dan keadaan kulit berkaitan yang lain yang disebabkan karena jerawat, PDT dapat hilangkan sisa jerawat yang lebih tua dan membuat kulit anda lebih lembut.

Tetapi, anda harus tetap konsultasi sama dokter kulit apa penyembuhan PDT bisa menyembuhkan keadaan anda.