Flashdisk ialah sebuah media penyimpanan portable yang memakai port USB untuk menyambungkannya dengan piranti computer. Piranti penyimpanan ini lumayan kecil karena di dalamnya cuman memakai chip sebagai elemen penyimpanannya, namun mempunyai kemampuan penyimpanan yang lumayan besar, hingga benar-benar sederhana untuk kita membawa dan kita pakai.

Tidak seperti Harddisk, Diskket, dan Compact Disk. Flashdisk tidak memakai elemen teknisi, semua elemen di dalam Flashdisk bekerja memakai elemen digital elektrik, hingga ukuran dari Flashdisk bisa dibikin lebih kecil daripada Harddisk. Disamping itu Flashdisk juga efisien dan efektif untuk kita pakai, ini karena data yang kita taruh dalam Flashdisk bisa kita ubah setiap waktu dengan lumayan gampang.
Peranan Flashdisk

Peran Flashdisk

Pada umumnya peranan Flashdisk sering dipakai sebagai media penyimpanan data eksternal, meskipun ada pula pemakai computer yang memakai Flashdisk untuk jalankan program portable dan untuk alat meng-install mekanisme operasi computer. Peranan Flashdisk pun tidak terbatas pada piranti computer dan netbook. Sahabat dapat menyambungkan Flashdisk dengan piranti handphone dan musik player untuk buka data dan memutar koleksi lagu atau film favorite sahabat.

Baca Juga: cara membuat bootable flashdisk windows 7

Jika sahabat ingat, di zaman tahun 1990 an, pemakai computer ada banyak yang memakai Disket dan Compact Disk untuk penyimpanan external, meskipun pada periode itu Flashdisk sendiri sesungguhnya telah diketemukan. Penemu Flashdisk sebagai periset dari negeri sakura namanya Fujio Masuoka. Di bulan April 1987 Fujio Masuoka mengenalkan NAND-type flash memori yang disebut cikal akan piranti penyimpanan Flashdisk.

Kecanggihan Flashdisk

Awalannya piranti Flashdisk dibikin dengan kemampuan penyimpanan 4 Mbit dan dipakai untuk media penyimpanan camera digital. Bersamaan dengan perubahannya Flashdisk sudah alami kenaikan bukan hanya dari sisi kemampuan penyimpanan tetapi juga dari sisi desain dan ukuran. Sekarang ini kehadiran Flashdisk benar-benar kuat hubungannya dengan keperluan kita, beberapa dari pemakai computer yang memakai Flashdisk untuk simpan data – data penting yang dipunyai.

Bahkan juga kehadiran Flashdisk sendiri sudah geser ketenaran Disket dan Compact Disk yang dahulu sering dipakai. Kemampuan penyimpanan Flashdisk sendiri makin hari makin mengalami perkembangan, beberapa dari produsen Flashdisk terpenting meningkatkan dan menghasilkan Flashdisk dengan kemampuan sampai 64 GB bahkan juga ada pula yang capai 128 GB. Dari sisi harga, dapat disebut harga dari Flashdisk termasuk lumayan murah diperbandingkan dengan piranti penyimpanan ekternal yang lain membutuhkan Drive khusus agar bisa memakainya.

Itu pembahasan berkenaan pemahaman Flashdisk dan perannya, untuk sahabat computer yang masih belum ketahui apakah itu Flashdisk ? dan apa peranan Flashdisk tersebut. Mudah-mudahan pembahasan di atas bisa menambahkan wacana sahabat computer dimana saja ada. Sampai jumpa kembali pada topik pembahasan tehnologi computer selanjutnya.

sumber: kompiwin