ISO

Organisasi Internasional buat Standardisasi,  International Organization for Standardization( ISO) merupakan tubuh penetap standar internasional yang terdiri dari wakil- wakil dari tubuh standar nasional tiap negeri. Pada awal mulanya, singkatan dari nama lembaga tersebut merupakan IOS, bukan ISO. Namun saat ini lebih kerap mengenakan singkatan ISO, sebab dalam bahasa yunani sos berarti sama( equal). Pemakaian ini bisa dilihat pada kata isometrik ataupun isonomi. ieee merupakan singkatan dari

Didirikan pada23 February 1947 ISO menetapkan standar- standar industrial serta komersial dunia. ISO, yang ialah lembaga nirlaba internasional, pada awal mulanya dibangun buat membuat serta memperkenalkan standardisasi internasional buat apa saja. Dalam menetapkan sesuatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negeri buat duduk dalam Komite Teknis( TC), Sub Komite( SC) serta Kelompok Kerja( WG).

Walaupun ISO merupakan organisasi nonpemerintah, kemampuannya buat menetapkan standar yang kerap jadi hukum lewat persetujuan ataupun standar nasional buatnya lebih mempengaruhi daripada mayoritas organisasi non- pemerintah yang lain, serta dalam prakteknya ISO jadi konsorsium dengan ikatan yang kokoh dengan pihak- pihak pemerintah. Partisipan ISO tercantum satu tubuh standar nasional dari tiap negeri serta perusahaan- perusahaan besar.

ISO bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional( IEC) yang bertanggung jawab terhadap standardisasi perlengkapan elektronik.

Pelaksanaan ISO di sesuatu industri bermanfaat buat:

·         Tingkatkan citra perusahaan

·         Tingkatkan kinerja area perusahaan

·         Tingkatkan efisiensi kegiatan

·         Membetulkan manajemen organisasi dengan mempraktikkan perencanaan, penerapan, pengukuran serta aksi revisi( plan, do, check, act)

·         Tingkatkan penyusunan terhadap syarat peraturan perundang- undangan dalam perihal pengelolaan lingkungan

·         Kurangi efek usaha

·         Tingkatkan energi saing

·         Tingkatkan komunikasi internal serta ikatan baik dengan bermacam pihak yang berkepentingan

·         Menemukan keyakinan dari konsumen/ mitra kerja/ pemodal

IETF

IETF merupakan ebuah organisasi yang berwenang serta bertanggung jawab dalam mengendalikan serta menetapkan protocol- protocol standard yang digunakan di internet.

Internet Engineering Task Force( disingkat IETF), ialah suatu organisasi yang menjaring banyak pihak( baik itu individual maupun organisasional) yang tertarik dalam pengembangan jaringan pc serta Internet. Organisasi ini diatur oleh IESG( Internet Engineering Steering Group), serta diberi tugas buat menekuni masalah- masalah metode yang terjalin dalam jaringan pc serta Internet, serta setelah itu menganjurkan pemecahan dari permasalahan tersebut kepada IAB( Internet Architecture Board). Pekerjaan IETF dicoba oleh banyak kelompok kerja( diucap selaku Working Groups) yang berkonsentrasi di satu bagian topik saja, semacam halnya keamanan, routing, serta yang lain. IETF ialah pihak yang mempublikasikan spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/ IP.

Kebijakan protokol QoS( Quality of Service) yang diusulkan selaku standar IETF buat mengkomunikasikan data kebijakan QoS dalam jaringan.

Sumber : www.ayokonfig.com