Alat Pemanas Air Mandi

 

alat pemanas air mandi

 

Banyak orang yang menjaga kesehatan dan kebersihan badan dengan salah satu cara yaitu dengan cara mandi.  Bagi sebagian orang beranggapan bahwa mandi bukan hanya sekedar membersihkan tubuh dari kotoran. Mandi bisa menjadi salah satu bentuk kegiatan yang dapat menentukan aktivitas sehari-hari. Adapun cara mandi yang paling disukai banyak orang yaitu dengan mandi air hangat. Berbicara tentang air hangat, pasti sebagian orang merasa untuk mendapatkan air hangat itu perlu memasaknya terlebih dahulu yang dapat menguras waktu dan merepotkan.

Namun, kini tak perlu khawatir dan melakukan memasak air lagi, karena sekarang sudah banyak perusahaan yang membuat bermacam jenis water heater atau pemanas air kamar mandi. Untuk mengetahui pemanas air yang diperlukan berikut beberapa jenis pemanas air mandi.

Jenis Pemanas Air Mandi

1. Electric water heater

Pemanas air jenis ini sudah pasti memerlukan energi listrik untuk menghasilkan panas. Pemanas air ini mempunyai 2 varian yaitu yang terdapat tangki dan tanpa tangki. Untuk varian yang terdapat tangki memiliki harga yang lebih mahal dari varian tanpa tangki. Tergantung dari besarnya kapasitas tangki, dan memakan daya listrik yang tinggi hingga 2000 watt. Sedangkan yang tanpa tangki hanya memerlukan daya listrik sekitar 300 watt. Tetapi waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air cenderung lebih lama sekitar 3-4 menit.

2. Portable water heater

Pemanas air jenis ini dapat dibawa kemana-mana, tapi tetap membutuhkan listrik untuk memanaskan nya. Bentuknya yang simple dari pemanas air lainnya. Cara kerjanya hanya mencelupkan pemanas air ke dalam ember berisi air. Dan harganya yang begitu murah.

3. Solar water heater

Pemanas air ini memakai energi matahari atau solar untuk melakukan menghangatkan air. Tangki yang ada pada pemanas ini terbilang besar dan dapat digunakan untuk seluruh keluarga. Bagaimana jika tidak ada panas matahari? pemanas ini dapat bekerja walau tidak ada matahari karena terdapat alat pemanas cadangan berupa Electric heater. Pemakaian pemanas ini tidak ada perawatan yang dilakukan, hanya saja harganya yang masih terbilang mahal sekitar puluhan juta rupiah dan belum juga dengan biaya pemasangan yang mahal. dapun salah satu produk solar water heater yaitu Handal Green, produk solar water heater dari Handal Water Heater.

4. Gas water heater

Pemanas air ini cukup menggunakan gas yang mengandalkan pembakaran dari gas elpiji, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak banyak. Pemanas ini terdapat cerobong asap yang dipakai sebagai pembuangan gas sisa pembakaran atau knalpot. Asap yang dikeluarkan tidak seperti asap pabrik bahkan tidak terlihat. Namun, pemanas ini akan berbahaya jika dipakai pada kamar mandi yang tidak memiliki ventilasi udara.

5. Aircon water heater

Pemanas air ini memakai panas dari kompresor AC sebagai sumber untuk dapat menghasilkan panas. Suhu panas yang tinggi dihasilkan dari freon yang keluar dari kompresor. Sehingga dapat merasakan sejuknya AC dan air hangat yang akan digunakan. Namun, untuk memakainya perlu merakit terlebih dahulu karena produk yang siap pakai belum tersedia di pasaran. Dan harganya pun mahal sekitar delapan jutaan.

6. Heat Pump water heater

Pemanas ini sering disebut pompa kalor karena mengandalkan suhu freon yang tinggi dalam kerjanya. Listrik dipakai hanya untuk menjalankan kompresor.

7. Boiler water heater

Pemanas ini memiliki kapasitas besar sehingga digunakan pada kamar mandi hotel atau industri besar yang memerlukan air panas dalam jumlah besar. Pemanas ini memakai energi solar. Suhu yang dihasilkan cukup tinggi bahkan ada yang dapat menghasilkan uap, alat tersebut dinamakan steam boiler. Harga pemanas ini cukup mahal karena kapasitasnya yang besar dan jarang rumah-rumah yang memakai pemanas ini.