Perawatan dari lantai vinyl memang dianggap tidak begitu sulit. Anda hanya perlu telaten mengenai langkah pembersihannya saja sehingga perlu digunakan beragam alat sebagai pendukungnya. Jangan khawatir, karena ada alat ini untuk bersihkan lantai vinyl.

Alat ini untuk Bersihkan Lantai Vinyl

Beberapa Alat untuk Membersihkan Lantai Vinyl

Sama halnya seperti lantai vinyl rumah sakit dimana kebersihan menjadi poin penting untuk dijaga. Lantai vinyl ini dianggap sebagai bahan pelapis modern yang umum digunakan di kantor, apartemen, restoran atau bahkan rumah. Tentunya memerlukan perawatan khusus agar tetap terlihat bersih dan juga mengkilap. Berikut ada beberapa alat pembersihnya:

  1. Vacuum Cleaner

Lantai vinyl dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan sapu. Sayangnya permukaannya dinilai cukup sensitif jika mengenai benda-benda kasar seperti ijuk sehingga akan terasa lebih aman jika Anda memilih memakai vacuum cleaner saat membersihkannya.

Tingkat efektivitas dari vacuum cleaner untuk membersihkan juga dinilai lebih bersih daripada sapu. Kegiatan menyapu masih saja dianggap meninggalkan sisa kotoran dan debu yang tidak terlihat sehingga kurang optimal.

  1. Lap Kering

Anda juga bisa menggunakan lap kering apabila di permukaan lantai vinyl dijumpai adanya tumpahan air atau cairan. Hal ini harus segera dibersihkan untuk menghindari noda yang terbentuk entah dari air putih, soda ataupun berbagai jenis minuman lainnya.

Alasannya yakni mengingat bahwa lantai vinyl dianggap sangat sensitif dengan berbagai barang di sekitarnya sehingga perlu dilakukan pembersihan secara ekstra. Harus diketahui bahwa adanya tumpahan air bisa saja membuat permukaan menjadi cepat berkerut dan berjamur.

  1. Campuran Cuka

Bahan berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan lantai vinyl adalah campuran cuka dimana pembersih ini efektif menghilangkan kusam. Tentunya penggunaannya harus disertai takaran secara tepat.

Lantai vinyl yang sudah berumur pastinya akan terlihat kusam, berjamur atau memiliki banyak noda di permukaannya. Anda bisa menggunakan campuran cuka untuk membersihkannya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam bersifat ampuh guna menghilangkannya.

Itulah tadi ketiga alat sekaligus bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan lantai vinyl. Ketiganya dinilai ampuh digunakan sebagai pembersih sehingga harus dilakukan secara rutin agar menjaga keawetannya.