Hampir seluruh bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan manusia. Dari daun, balok, akar, hingga buah.

Bicara kelapa, yang paling populer adalah air tawar yang digunakan untuk minum, dan dagingnya enak dimakan langsung atau diolah menjadi santan. Saat bulan puasa, es kelapa muda kerap menjadi takjil favorit untuk berbuka puasa.

Jadi, mari kita fokus pada daging kelapa. Meski air sudah lama dikenal khasiatnya bagi kesehatan, daging kelapa juga sebenarnya tak kalah bermanfaat lho.

Jika membutuhkan mesin sabut kelapa untuk bisnis Anda, bisa beli pada tautan tersebut ya!.

Selain menyegarkan jika menyangkut makanan atau minuman untuk dijadikan olahan, daging kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat ini.

Manfaat Daging Buah Kelapa

Jika dikonsumsi secara rutin sebagai hidangan untuk diolah, daging kelapa dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat pada daging kelapa tidak hanya bermanfaat agar Anda merasa lebih lama, tetapi juga dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan memperbanyak buang air besar. Selain itu, minyak atau lemak yang terdapat pada daging kelapa juga berperan dalam menjaga kesehatan usus, membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, serta mencegah tumbuhnya infeksi jamur pada saluran pencernaan.

Tak mau kalah, senyawa MCT (medium chain triglyceride) pada daging kelapa juga dikatakan bermanfaat untuk memperkuat bakteri baik di sistem pencernaan. Perlu diperhatikan bahwa keberadaan bakteri baik ini sangat penting untuk melindungi pencernaan dari peradangan dan sindrom metabolik. Makanya, konsumsi daging dan kelapa pun siap rekomendasikan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Senyawa makan dan antioksidan yang terdapat pada daging kelapa dipercaya dapat mengurangi peradangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, senyawa MCT yang juga terdapat pada daging kelapa juga berperan sebagai antijamur, antivirus, dan menghambat pertumbuhan tumor.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang manfaat daging kelapa untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meski demikian, daging kelapa masih sangat bermanfaat dan bermanfaat untuk dikonsumsi sebagai makanan puasa.

3. Cocok untuk Diet

Salah satu manfaat daging kelapa adalah membantu menurunkan berat badan. Ini karena senyawa MCT dan serat pada daging kelapa bisa membuat Anda merasa lebih lama, sehingga tidak mau makan terlalu banyak. Untung itu tentunya bagus untuk orang yang ingin menjaga pola makan atau berat badan selama bulan puasa ini.

4. Menunjang Fungsi Otak

Lagi-lagi senyawa MCT dalam daging kelapa memiliki manfaat lain. Manfaat kali ini untuk membantu menunjang fungsi otak, mulai lebih baik bagi orang yang mengalami gangguan memori dan fungsi otak, seperti penyakit Alzheimer. Ini karena senyawa MCT bisa menjadi “bahan bakar” alternatif untuk glukosa dalam tubuh.

5. Memelihara Kesehatan Jantung

Lemak pada daging kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, serta menurunkan kolesterol jahat (LDL). Secara tidak langsung, manfaat daging kelapa dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, daging kelapa juga memiliki rantai lemak yang pendek, sehingga tidak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Kaya Akan Mineral

Daging kelapa mengandung berbagai macam mineral yang sangat berguna untuk tubuh. Padahal, kandungan mineral dalam daging kelapa juga bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan mineral harian. Beberapa mineral yang terdapat pada daging kelapa adalah mangan, tembaga, dan kalium.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut, manfaat lain dari daging kelapa adalah mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun, manfaat tersebut hanya bisa diraih jika Anda menyeimbangkannya dengan gaya hidup sehat, seperti pola makan yang seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup, dan pemeriksaan kesehatan rutin.

Untuk memudahkan melakukan pemeriksaan kesehatan, cukup download aplikasi Halodoc dan gunakan untuk memesan jasa pemeriksaan laboratorium yang bisa dilakukan di rumah. Jika Anda mengalami masalah kesehatan lainnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter Anda berulang kali, kapan pun dan di mana pun.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging kelapa sebagai hidangan untuk diolah. Meski sangat bermanfaat bagi tubuh, Anda tetap tidak harus terlalu banyak mengonsumsi daging kelapa. Ini karena daging kelapa tinggi kalori. Untuk kamu yang sedang diet, pastikan sudah cukup dan jangan berlebihan, ya!