Seperti yang diketahui sebagian besar pemilik usaha kecil, menumbuhkan bisnis lokal dapat menjadi tantangan, terutama jika ada pesaing besar di pasar yang sama. Jadi bagaimana toko lokal yang mengkhususkan diri pada peralatan olahraga bersaing dengan toko atletik kotak besar?

Dan bagaimana toko perangkat keras lingkungan bertahan melawan pusat perbaikan rumah raksasa? Bisnis kecil yang sukses tahu bahwa pemasaran akar rumput adalah kuncinya.

  1. Tingkatkan permainan bisnis kecil Anda secara online

Besar atau kecil, setiap bisnis membutuhkan kehadiran online untuk bersaing secara lokal. Tingkatkan pemasaran Anda dengan menekankan produk lokal dan menyoroti ulasan lokal di situs web Anda.

Mengapa ini sangat penting? Sebuah survei oleh Pew Research Center menemukan bahwa sekitar 80% orang Amerika berbelanja online. Itu naik dari 22% pada tahun 2000. Peningkatan belanja online tidak harus berarti penurunan bisnis lokal – faktanya, bisa jadi justru sebaliknya

Pastikan website anda di SEO-kan dengan benar, jika anda tidak tahu apa itu SEO, sebaiknya gunakan Jasa SEO saja. Karena mereka lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Berikut adalah beberapa ide untuk memulai upaya pemasaran online lokal Anda.

Agen pemasaran digital Tinuiti merekomendasikan penggunaan kata kunci hiper-lokal, bahkan hingga lingkungan dan nama jalan. Pertimbangkan untuk menulis posting blog yang ditargetkan untuk pelanggan di area tertentu. Apakah Anda memiliki toko eceran, misalnya, yang dapat dicapai dengan berjalan kaki dari beberapa lingkungan? Tunjukkan beberapa atraksi yang akan dilihat pelanggan Anda di sepanjang jalan.

Jadikan media sosial bermanfaat untuk Anda. Hootsuite menawarkan sejumlah saran untuk berhubungan dengan pelanggan lokal. Pikirkan tentang menggunakan foto pelanggan Anda untuk menunjukkan bagaimana mereka menggunakan produk atau layanan Anda.

Kebiasan kecil untuk meningkatkan jumlah tabungan secara signifikan.

Pantau akun media sosial lokal. Banyak dari ini tidak mengizinkan iklan di halaman mereka, tetapi Anda dapat menanggapi orang-orang yang mencari rekomendasi.

  1. Jangan biarkan review Anda kebetulan

Survei Pew Research Center menemukan bahwa lebih dari 80% orang Amerika beralih ke peringkat dan ulasan online saat mereka membeli produk untuk pertama kalinya.

Sebaiknya anda proaktif dalam menghasilkan review positif untuk website bisnis anda. Kapan perlu, mulai dengan melakukan riset kata kunci dengan benar. Inilah yang dilakukan oleh banyak konsultan seo.

Selain itu, 46% pembeli online mengatakan ulasan pelanggan membuat mereka lebih yakin tentang keputusan pembelian mereka, sementara 45% mengatakan ulasan membuat perusahaan lebih responsif terhadap pelanggan mereka.

Karena ulasan sangat penting untuk bisnis Anda, ulasan tersebut harus disukai. Berikut beberapa tip untuk membantu Anda menghasilkan ulasan pelanggan yang positif.

Cantumkan bisnis Anda di beberapa platform, seperti Yelp dan Facebook, agar pelanggan dapat memberikan ulasan.

Beri pelanggan Anda tautan yang mudah diikuti – jangan biarkan mereka bekerja untuk memberikan umpan balik.

Tanggapi ulasan negatif – sebagaimana mestinya untuk ulasan bagus. Ini menciptakan niat baik dengan pelanggan dan menunjukkan kepedulian Anda untuk memecahkan masalah.

Bagikan ulasan positif – itu bagus untuk keuntungan Anda.

Berikan ulasan yang baik untuk bisnis tempat Anda bekerja – mereka mungkin akan membalas budi.

  1. Menjadi nama rumah tangga di komunitas lokal Anda

Untuk menyempurnakan strategi Anda dalam mengembangkan bisnis melalui pemasaran lokal, penting untuk menjadi mitra komunitas tepercaya.

Membangun ikatan yang langgeng dengan penduduk lokal sangat penting untuk mendatangkan pelanggan baru dan tetap. Berikut beberapa ide untuk dipertimbangkan.

  1. Lakukan pengenalan nama

Apakah ada tim Liga Kecil lokal yang sedang mencari sponsor? Atau produksi teater sekolah menengah yang dapat menggunakan sumbangan? Ini adalah opsi standar sebelum media sosial, tetapi masih bermanfaat hari ini untuk membangun niat baik komunitas.

  1. Bekerja sama dengan bisnis lokal

Carilah cara bisnis Anda akan cocok secara alami dengan perusahaan lokal lainnya. Apakah Anda memiliki studio Pilates? Pikirkan tentang bermitra dengan ahli gizi lokal untuk olahraga malam dan informasi makan sehat.

  1. Mempromosikan produk lokal

Strategi lain yang berhasil adalah meningkatkan dan menjual produk lokal. Salah satu bisnis hadiah yang berbasis di Dallas memberi tahu Forbes bahwa meskipun mereka mendapatkan barang dari seluruh Amerika Serikat, mereka selalu menyimpan hadiah dari perusahaan Texas.

Ingin lebih banyak kiat bisnis dari pemilik bisnis lain? Lihat Podcast Sisi Hustle ke Bisnis Kecil Hiscox . Sampai jumpa di sana!