Anjuran minum air minimal 8 gelas sehari tentunya bukan tanpa alasan. Enam puluh persen lebih dari kandungan tubuh manusia adalah air. Berbagai metabolisme tubuh dipengaruhi oleh konsentrasi air dalam tubuh Anda. Dan efektivitas air dalam berperan terhadap metabolisme tubuh dipengaruhi oleh nutrisi yang terkandung pada air minum. Air mineral yang bagus adalah air mineral yang mengandung cukup nutrisi.

Manfaat Air untuk Tubuh

Banyak manfaat-manfaat air dalam tubuh kita. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.     Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Cairan pada tubuh Anda berperan dalam metabolisme yang meliputi digesti, transportasi, absorpsi, sirkulasi dan ekskresi. Sehingga ketika tubuh Anda kekurangan air maka metabolisme akan terganggu. Misalnya saja ketika cairan membawa nutrisi ke seluruh tubuh termasuk otak. Jadi ketika Anda kekurangan cairan, otak Anda akan merespon dengan rasa haus dan mengantuk.

2.     Mengontrol kalori tubuh

Karena manfaatnya ini, air banyak dipilih sebagai penunjang menu diet. Dalam hal ini kalori akan digantikan dengan air. Makanan dengan kandungan air tinggi lebih voluminous sehingga mampu memenuhi lambung Anda dan menciptakan sensasi kenyang.

3.     Memberi energi pada otot

Saat Anda kurang minum air maka cairan dalam otot dan sel Anda juga kekurangan air. Inilah yang kemudian menyebabkan Anda mudah merasa kelelahan, lemas dan lemah. Ya, hal ini tak terlepas dari otot dan sel yang memang mengandung lebih dari 60% air. Ini juga yang membuat beberapa ahli menganjurkan meminum sekitar 2 gelas air sebelum melakukan olahraga. Dengan begitu otot tidak dehidrasi karena keringat berlebih ketika berolahraga.

4.     Kulit sehat

Tidak hanya kesehatan organ dalam tubuh, air juga berperan dalam mempercantik kulit Anda. Kulit sehat adalah kulit lembab dengan kandungan air yang cukup. Ketika Anda kurang minum, kulit akan kering bahkan pecah.

Pecah-pecah pada kulit dapat menyebabkan penyakit lebih lanjut yaitu infeksi akibat bakteri yang masuk melalui celah kulit yang pecah. Frekuensi minum air disarankan lebih sering ketika Anda berada di ruangan ber-AC.

5.     Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal bekerja sebagai filter atau saringan dalam tubuh. Racun atau limbah metabolisme akan disaring oleh ginjal yang kemudian dikeluarkan melalui urin. Ketika Anda minum cukup air, Anda membantu kerja ginjal dimana ginjal tidak perlu bekerja keras dalam menyaring cairan dalam tubuh guna memisahkan limbah atau racun.

6.     Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dalam konsentrasi yang cukup akan membuat saluran pencernaan Anda terhindar dari sembelit. Perlu Anda ketahui, sembelit disebabkan ditariknya air dari tinja oleh usus besar karena usus kekurangan air. Hal ini yang menyebabkan tinja mengeras.

Demikianlah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan apabila rajin minum air putih. Pastikan Anda mengkonsumsi air mineral yang bagus dengan kandungan nutrisi yang cukup agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.