Desain ala Scandinavian atau ala negara-negara di Eropa Utara, merupakan salah satu style desain interior yang tersohor. Nah, Scandinavian Style ini bisa juga diaplikasikan pada dapur Anda yang berukuran mungil atau kecil. Berikut adalah 5 inspirasi dapur minimalis ala Scandinavian yang bisa diterapkan saat mendesain dapur Anda di rumah.

1.      Aplikasikan Cat Berwarna Putih

Cat putih merupakan salah satu ciri khas dari Scandinavian Style ini, jadi jangan urung menggunakan cat warna ini karena takut kotornya akan terlihat kentara. Ruangan dapur yang berwarna putih akan mengeluarkan aura ceria, cerah, serta lapang, jadi sangat tepat diaplikasikan untuk dapur yang relatif kecil. Warna putih pun akan memaksimalkan penerangan di dapur Anda.

2.      Gunakan Floating Shelves

Bagi Anda yang ingin menonjolkan desain ala Skandinavia ini di dapur minimalis Anda, maka rak berpintu bukanlah opsi terbaik. Minimalisme ala Skandinavia utamanya terlihat dari pemilihan rak terbuka atau tanpa pintu, yang diletakkan di bagian atas dan melekat di dinding. Rak seperti ini dikenal dengan istilah floating shelves dan umumnya terbuat dari kayu.

Selain menghemat ruang karena tak ada lagi ruang terpakai untuk pintu rak yang terbuka, floating shelves ini juga bakal menunjukkan kemampuan Anda dalam menata peralatan dapur. Dikarenakan raknya terbuka sehingga akan mudah dilihat oleh setiap orang yang mengunjungi dapur Anda, pastikan tak ada peralatan dapur yang bertumpuk tanpa aturan.

3.      Pilih Area Dapur yang Dekat Jendela

Pencahayaan sangat penting untuk menimbulkan kesan segar dan lapang dari ruangan dapur yang kecil. Oleh sebab itu, baiknya tersedia jendela di dapur yang membuat cahaya matahari masuk ke dapur dan membuat ruangan dapur jadi cerah. Scandinavian Style sendiri identik dengan jendela berukuran besar di bagian dapurnya.

4.      Gunakan Lampu Gantung dengan Desain Unik

Penggunaan lampu gantung untuk pencahayaan dapur merupakan salah satu ciri khas dari Scandinavian Style. Jadi, alih-alih menggunakan lampu yang terpasang langsung pada langit-langit dapur, gunakanlah lampu gantung dengan banyak tersedia dalam beragam jenis model. Tak lupa, sesuaikan warna lampu gantung tersebut dengan warna ruangan, agar makin terlihat apik.

5.      Pasang Keramik dengan Motif Unik

Jika dinding dan properti dapur memiliki warna putih atau warna netral lainnya yang polos, maka buatlah makin menarik dengan penggunaan keramik penuh motif pada lantainya. Penggunaan keramik bermotif ini merupakan salah satu kunci desain ala Skandinavia, yang  menimbulkan kesan luas pada ruangan dapur yang tak seberapa besar tersebut.

Scandinavian Style merupakan salah satu opsi desain yang sangat direkomendasikan dalam penataan dapur minimalis Anda. Dapur mungil ala penduduk Eropa akan bisa Anda miliki dengan mengaplikasikan gaya satu ini. Jika merasa ragu untuk mendesainnya sendiri, jangan ragu untuk menggunakan jasa desain interior, agar hasilnya nanti lebih ciamik lagi.