Ini Dia Makanan Laut yang aman Dimakan Mentah – Salah satu kebiasaan warga negara Jepang yang belum biasa dilakukan masyarakat Indonesia, adalah menikmati hasil laut dengan cara mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Padahal, mengonsumsi ikan tanpa dibumbui dan melalui proses masak, memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung, hal tersebut karena kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat di dalamnya.

Selain itu, ikan mentah juga baik dikonsumsi bagi Anda yang hendak melakukan diet. Bahkan jika Anda rutin mengonsumi ikan tuna mentah, bisa menbantu mencegah kerusakan kognitif di masa tua dan mencegah demensia.

Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Anda memilih ikan beku dan bukan yang masih segar. Karena yang dikhawatirkan adalah, terdapatnya parasit yang biasa menempel pada ikan. Untuk saran terbaik adalah dengan membuatnya beku terlebih dahulu, karena dalam kondisi beku, parasit tersebut disinyalir akan mati.

Dari sekian banyak jenis biota laut memang ada yang aman dikonsumsi mentah, adapun yang tidak. Berikut ini adalah beberapa yang makanan laut yang paling banyak dikonsumsi dalam keadaan mentah dan cukup aman bila tidak berlebihan mengonsumsinya.

Ikan Tuna

Ikan yang satu ini juga kerap dimakan dalam keadaan mentah, ya, ikan tuna. Ikan ini memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya, seperti, Kalori, Lemak, Natrium, Karbohodrat, dan berbagai macam jenis Vitamin.

Bagi Anda yang berada dalam kondisi fisik yang sehat, mengosumsi ikan tuna sebenarnya tidak akan menjadi masalah. Sayangnya, ini tidak berlaku bagi Anda yang kurang baik dari segi kesehatan. Karena yang dikhawatirkan, parasit yang menempel pada ikan tuna mentah akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Cumi-cumi

Makanan laut yang bisa dimakan mentah berikutnya adalah cumi-cumi. Pada cumi mentah, kandungan lemak serta kalorinya sangat rendah bahkan bila Anda mengidap kolesterol tinggi, mengonsumsinya dalam keadaan mentah, bisa membantu meningkatkan HDL dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Meskipun cumi-cumi aman dikonsumsi dalam keadaan mentah karena kandungan merkuri cukup rendah. Bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dengan berlebihan, terlebih bagi Anda yang memiliki alergi.

Ikan Salmon

Jenis ikan lainnya yang juga aman dikonsumsi mentah adalah ikan salmon. Bahkan tidak sedikit ahli yang mengatakan bahwa inilah ikan yang paling aman dan sangat baik bila dikonsumsi mentah.

Kandungan dari ikan salmon sendiri di antaranya adalah asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Juga kaya akan mineral dan berbagai macam jenis vitamin. Dan jenis ikan ini juga yang cenderung aman dimakan oleh ibu hamil.

Bulu Babi

Bagi sebagian orang mungkin enggan mengonsumsi bulu babi ini. Padahal, bulu babi memiliki kandungan yang sangat baik, mulai dari Protein, Kalsium, Fosfor, Asam Amino, Asam lemak Omega 3, karotin, dan berbagai macam jenis Vitamin.

Bahkan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, juga ingin meningkatkan sistem imun tubuh. Namun untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara langsung. Anda bisa mengambil dagingnya terlebih dahulu kemudian dibekukan dalam beberapa waktu dalam wadah tertutup.

Jika ingin menikmati dengan cara lain, Anda juga bisa membakar atau memanggangnya terlebih dahulu. Atau jika Anda tidak sabar untuk segera mengonsumsinya, Anda bisa mencoba cara ini, yaitu merendamnya dengan air garam setelah terlebih dahulu dicuci bersih.

Itu dia beberapa contoh makanan laut yang aman dimakan mentah. Sementara bagi Anda pecinta tiram, sebaiknya jangan pernah mengonsumsinya dalam keadaan mentah karena tiram sangat rentan terkena virus dan bakteri.