Siapa yang waktu nonton drama Korea suka melihat pemainnya makan mandu? Mandu merupakan dumplings yang dikenal erat oleh masyarakat Korea. Sekilas bentuknya mirip dengan gyoza di Jepang. Namun ternyata isinya lebih kompleks rempah – rempahnya dibandingkan dengan gyoza. Jadi, sebenarnya mereka serupa tapi menyesuaikan preferensi rasa yang dibawa oleh lidah masyarakat sekitar saja.

Mandu merupakan turunan dari dumpling atau dimsum di China. Nah, dimsum sendiri memiliki beragam jenis dan macam loh. Kalian bisa menemukan dimsum dalam berbagai macam. Salah satunya adalah siomay. Menu makanan satu ini mungkin sangat familiar dengan lidah kamu. Bahkan kalian sering mengkonsumsi makanan ini sebagai menu makanan harian. Jadi, kalo kamu menonton drama Korea, kalian bisa mengkonsumsi siomay sebagai gantinya loh!

Dimsum memiliki arti makanan kecil. Dimana jenis makanan ini sendiri merupakan makanan yang disajikan sebagai pendamping makanan minum teh masyarakat China. Makanan ini sendiri memiliki ragam variasi dan disajikan dalam wadah bambu kecil untuk menjaga suhu makanan. Dimsum disajikan sebagai makanan masyarakat China dan sangat disukai masyarakat Kanton. Mungkin karena kepopulerannya sendiri, makanan ini sampai dikenal di seluruh dunia.

Tahukah kamu jika siomay sendiri memiliki beberapa fakta loh. Simak beberapa fakta siomay berikut yuk. Biar kalian lebih paham makanan yang kalian konsumsi tidak hanya dari segi rasa aja tapi juga dari segi histori makanan ini sendiri :

  1. Berasal dari Mongolia Dalam

Resep siomay yang authentic diperkenalkan oleh bangsa Mongolia Dalam. Posisi Mongolia sendiri di perbatasan Rusia dan China. Makanan ini sendiri dikenal sebagai menu makanan pendamping makanan harian masyarakat Mongolia. Nama Siomay sendiri dikenal dengan nama shaomai.

  1. Pada pertama kali dipopulerkan di China menggunakan daging babi

Dalam pembuatan resep siomay authentic, masyarakat menggunakan daging babi sebagai isian dalam siomay karena gurih. Namun, seiring berkembangnya era, daging yang digunakan dalam resep siomay sendiri disesuaikan preferensi masyarakat. Siomay yang kita kenal saat ini sendiri terbuat dari daging ayam atau udang bahkan kepiting.

  1. Sempat tidak dikonsumsi karena mampu membuat gemuk

Penggemar siomay yakni masyarakat China sempat tidak mengkonsumsi siomay selama beberapa saat. Hal ini disebabkan siomay sendiri disinyalir mampu membuat gemuk sehingga tidak baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Fakta tersebut dibawa tabib pada zaman dahulu namun diragukan oleh masyarakat China.

  1. Siomay Indonesia turunan siomay China

Siomay yang kalian kenal di Indonesia dengan topping saus kacang dan kecap sendiri dikenal sebagai menu makanan yang diracik masyarakat Tionghoa di Bandung. Nah, resep siomay ayam cukup authentic di Bandung namun kini sudah bisa dipraktekkan sendiri oleh masyarakat. Bahkan siomay Indonesia sudah tidak menggunakan kulit pangsit terkadang dalam penyajiannya.