Pinjaman online resmi yang berbasis syariah bisa Anda temukan cukup banyak beroperasi di Indonesia. Keberadaannya bisa menjadi solusi alternatif bagi kaum muslimin dan muslimah yang tengah membutuhkan aliran dana cepat dengan cara yang halal.

Pemanfaatan teknologi internet dan aplikasi membuat situs pinjaman online resmi berbasis syariah ini memiliki banyak keunggulan. Anda bisa mengakses sekaligus mengurus prosedur pengajuan dana dengan lebih mudah dan cepat dengan memanfaatkan ponsel pintar.

Ciri-ciri Situs Pinjaman Online Resmi Berbasis Syariah

Pada dasarnya, prinsip operasional situs pinjaman online atau peer-to-peer lending (P2P)   syariah dan non-syariah tidaklah jauh berbeda. Keduanya sama-sama menyediakan layanan pemberian pinjaman untuk klien yang tengah membutuhkan dana.

Beberapa hal yang menjadi ciri khas dari situs pinjaman berbasis syariah tersebut antara lain meliputi:

Menerapkan hukum Islam sebagai dasar penyelenggaraannya

Berbeda dengan situs konvensional, pinjaman online syariah tidak menerapkan hukum keuangan internasional sebagai dasar penyelenggaraannya, tetapi menggunakan hukum Islam. Kebijakan ini tentunya selaras dengan konsep prinsip syariah yang diusung oleh situs pinjaman online itu.

Tidak memungut bunga pinjaman

Selaras dengan penerapan hukum Islam sebagai dasar penyelenggaraannya, situs pinjaman online syariah umumnya tidak mengharuskan Anda untuk membayar bunga pinjaman. Sebagai gantinya, Anda wajib mematuhi sejumlah akad yang terkait dengan urusan peminjaman tersebut.

Menerapkan sistem pembagian resiko

Dalam sistem pinjaman konvensional, peminjam sepenuhnya bertanggung jawab atas resiko kegagalan pengembalian dan bisa dituntut oleh pemberi pinjaman. Namun, dalam sistem syariah, pemberi maupun penerima pinjaman sama-sama menanggung resiko tersebut.

Memberi pinjaman untuk tujuan yang halal

Anda bebas memanfaatkan dana pinjaman syariah untuk berbagai tujuan, asalkan tujuan tersebut merupakan sesuatu yang halal. Contoh tujuan peminjaman dana syariah ini antara lain untuk modal usaha, belanja pribadi, kredit rumah atau kendaraan, wisata religi, dll.

Dalam memilih situs pinjaman online resmi yang berbasis syariah, Anda tetap perlu melakukannya dengan cermat dan hati-hati. Pilihlah situs yang sudah terdaftar secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar keamanan transaksi Anda nantinya akan lebih terjamin.