3 Cara Follow Up Lamaran Kerja yang Tepat Beserta Tipsnya

Kamu mungkin menjadi salah satu orang yang bingung bagaimana cara follow up hasil interview dengan mudah. Ini merupakan hal yang wajar, terutama bagi kamu yang belum pernah bekerja dan masih dalam masa-masa menjalani interview. Kamu mungkin kebingungan dan khawatir apakah akan diterima atau ditolak di perusahaan yang kamu lamar.

Pada dasarnya, kamu bisa saja melakukan follow up hasil interview setelah sepekan menjalani interview itu sendiri. Tidak perlu ragu, apalagi jika kamu sudah menunggu kabar lebih dari seminggu. Namun penting untuk melakukan follow up ini dengan cara yang tepat, mengingat interview pekerjaan adalah sesuatu yang bersifat formal dan berada di ranah profesional.

Lakukan cara follow up hasil interview dengan tepat

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk follow up hasil interniew dengan mudah:

  • Follow up secara langsung

Jika kamu memiliki waktu, maka melakukan follow up interview secara langsung seperti ini bisa jadi pertimbangan. Kamu bisa menanyakan langsung hal tersebut saat interview sudah selesai dilakukan. Namun pastikan kamu menggunakan kata-kata yang tepat dan tidak memaksa.

Simak beberapa pilihan kata berikut, yang bisa kamu gunakan saat melakukan follow up langsung:

Jobseeker 

“Mohon maaf, Pak, jika diizinkan saya ingin bertanya, kapan kira-kira hasil interview ini diinformasikan yah?”

HRD

“Paling lambat 5 hari dari sekarang.”

Jobseeker

“Baik, Pak. Biasanya akan dikabari lewat apa ya, Pak?”

HRD

“Nanti dikabari lewat telepon dan juga email, ya!”

Jobseeker 

“Baik, Pak. Terima kasih atas waktunya, karena sudah berkenan untuk mewawancarai saya.”

  • Follow Up melalui email

Follow up hasil interview juga bisa dilakukan melalui email. Di saat bersamaan, kamu juga bisa menyampaikan terima kasih kepada pihak perusahaan karena sudah memberikan kesempatan untuk interviw kepadamu. Hal ini juga sekaligus bisa memberi kesan kuat bahwa kamu tertarik dan siap untuk segera bekerja.

Berikut ini adalah template email yang bisa kamu gunakan untuk melakukan follow up hasil interview:

Selamat pagi,

Saya Bagas Radian melamar posisi sebagai Staf Admin 10 hari lalu. Saya ingin menanyakan apakah lamaran kerja saya diterima?

Saya sangat tertarik untuk dapat bergabung dengan perusahaan 123 dan akan dengan senang hati memberikan semua pengalaman dan kemampuan saya demi kemajuan perusahaan.

Apapun keputusan yang akan bapak/ ibu HRD berikan, saya sangat berterimakasih karena telah diberi kesempatan untuk mengikuti tahap interview.

Salam Hormat,

[Bagas Radian]

  • Follow Up WhatsApp atau Telepon

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa melakukan follow up interview melalui aplikasi WhatsAp ataupun telepon. Lakukan hal ini sekitar jam 10-11 pagi. Hindari untuk menghubungi perusahaan tersebut terlalu pagi, sebab biasanya para staf HRD sedang sibuk atau bahkan baru saja tiba.

Berikut ini adalah beberapa pilihan kata yang bisa kamu gunakan saat follow up hasil interview melalui WhatsAp maupun Telepon:

Jobseeker

“Selamat pagi, Pak Hari, mohon maaf bila saya mengganggu waktunya.”

HRD

“Ya, pagi. Dengan siapa?”

Jobseeker

“Ini saya Bagas, yang interview minggu lalu, tepatnya hari Senin tanggal 12 Mei pukul 11.00, melamar untuk posisi Supervisor.”

HRD

Oh iya, saya ingat, bagaimana?

Jobseeker

“Baik, Pak. Mohon maaf sebelumnya, saya ingin menanyakan tentang hasil interview kemarin, kira-kira hasilnya kapan keluar ya, Pak?”

HRD

“Baik, sampai hari ini hasilnya masih dalam proses, ya. Nanti akan saya kabari 3 hari lagi.”

Itulah beberapa cara follow up hasil interview yang bisa kamu lakukan dengan mudah, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.