Propinsi Banten memiliki tujuan rekreasi yang tentu saja tidak kalah menarik dari beberapa daerah lainnya. Berikut info tentang tempat rekreasi yang berada di Banten.

Pantai Sawarna

Tempat rekreasi di banten yang pertama ialah pantai sawarna yang sudah tidak asing dalam telinga warga. Salah satunya rekreasi pantai yang berada di Banten ialah Pantai Sawarna sebagai rekreasi khusus kota banten. Di sini kita bisa melihat keelokan alam yang tetap terlindungi dan demikian alami, dengan pasir putih luas terhampar dan air laut yang berwarna biru bening.

Ditambahkan bukit-bukit hijau mengitarinya, objek rekreasi yang ini jadi tempat rekreasi yang pas untuk santai dengan keluarga atau sekadar menganakemaskan mata. Alamat : Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Tanjung Lesung

Kembali, rekreasi pantai dengan bebatuan karang dan pemandangan alami yang berada di Banten namanya Tanjung Lesung. Pantai ini memiliki pasir warna putih dengan wujud karangnya yang unik. Perancangan pantai ini memiliki nuansa ciri khas Bali.

Pelancong lokal bahkan juga wisatawan luar negeri banyak yang tiba bertandang untuk nikmati cantiknya objek rekreasi Tanjung Lesung. Pantai tanjung lesung populer dengan pantai dengan angin sedang, hingga benar-benar pas untuk lakukan olahraga baik, seperti berseluncur dengan ombak yang cocok. Tidak itu saja, pantai yang banyak beberapa pohon kecil disekelilingnya ini menambahkan nilai plus pantai dengan kerindangannya dan lingkungan yang asri. Alamat : wilayah Labuan, Banten.

Pulau Burung

Tempat rekreasi di banten seterusnya ada pulau burung. Pulau Burung atau Pulau Dua ialah tempat rekreasi bahari di Banten yang mempunyai laut yang cantik. Kekhasan pulau yang ini ialah, setiap tahun banyak tipe burung yang bertandang kesini. Ada sekitaran 60 tipe burung dari berbagai negara yang tiba di bulan April-Agustus.

Selainnya beragam macam burung, di sini juga ada berbagai tipe ikan laut. Luas daerah Pulau Burung yakni sekitaran 30 hektar. Beberapa ribu burung yang tiba, aslinya dari Benua Afrika, Australia, dan Asia. Untuk sampai ke objek rekreasi Pulau Burung, anda bisa sewa perahu motor atau perahu tradisionil. Bila anda suka jalan kaki, ke Pulau Burung dapat dilakukan dengan jalan kaki sepanjang 15 s/d 30 menit melalui wilayah pertambakan yang berada di Dusun Sawah Mulia, Kasemen. Pulau ini sekarang sudah bersatu dengan dataran Jawa karena ada proses sedimentasi.

Gunung Krakatau

Selainnya letusan gunung yang teramat hebat, Krakatau populer karena medan yang melawan . Maka Gunung Krakatau benar-benar dicintai oleh beberapa pencinta alam s/d pelancong luar negeri. Gunung yang meledak pada 1883, suara letusannya kedengar s/d Benua Australia, awan panasnya juga sampai ke sejumlah tempat di Eropa. Letusan itu membuat sebuah gunung baru yang sekarang dikenali bernama Gunung Anak Krakatau.

Anak Krakatau muncul ke atas di tahun 1928 dan terhitung dalam gunung yang aktif sampai sekarang ini. Walaupun lokasi rekreasi ini berada di Selat Sunda dan masuk ke Propinsi Lampung, namun benar-benar gampang mencapai Anak Krakatau dari Pantai Anyer-Carita. Ijin landing di Pulau Gunung Anak Krakatau, bisa kita dapatkan pada tempat ini. Perjalanan ke situ dilakukan memakai perahu motor. Kita dapat lakukan beragam aktivitas saat berlibur ke tujuan rekreasi yang ini, salah satunya ialah kemping, mancing, nikmati keelokan pemandangan alam laut yang menarik.

Pulau Umang

Pulau Umang populer dengan keelokan pantainya. Pulau ini terletak tidak jauh dari objek rekreasi Tanjung Lesung. Ada sebuah resor yang mempunyai sentuhan artistik alami di Pulau Umang. Sarana yang ditawari oleh resor itu diantaranya ruangan tatap muka, spa, sunset lounge, kolam renang, dan sebagainya.

Luas lokasi rekreasi ini lebih kurang 5 hektar. Pengurus lokasi rekreasi ialah perusahaan swasta yang lengkapinya dengan bermacam sarana wisata dan selingan untuk pengunjung yang sedang berlibur di sini. Agar bisa sampai ke lokasi rekreasi, lumayan gampang. Ada persewaan mobil dari Jakarta ke Pulau Umang yang khusus disiapkan faksi pengurus. Disamping itu, akan gampang mencapainya dari Ujung Kulon.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon sebagai teritori pelestarian alam yang berada di Indonesia dan berperanan penting untuk dunia. Beberapa daya magnet objek rekreasi ini ialah ada rimba tropis daratan rendah yang memesona dan badak bercula satu.

Taman Nasional Ujung Kulon ialah komunitas alami dari berbagai hewan yang diproteksi. Contoh hewannya yakni badak jawa, banteng, babi rimba, kukang, beragam macam burung dan primata, rusa, s/d kijang. Untuk ke arah lokasi ini dapat memakai perahu. Sarana yang berada di Ujung Kulon diantaranya jaringan listrik, air, telekomunikasi yang bagus, pemondokan, pusat info, s/d fasilitas transportasi komplet.

Pantai Bagedur

Pantai yang berada di Banten ini terhitung pantai yang agak miring dengan ombaknya populer lumayan besar. Benar-benar cocok digunakan sebagai lokasi rekreasi keluaga. Benar-benar membahagiakan bermain di pinggiran pantai ini.

Daratan pasir yang luas pas sekali untuk beraktivitas outdor, seperti bermain layang-layang, olahraga voli, dan naik sepeda. Liburan ke pantai bagedur jadi opsi yang pas untuk dicicipi dengan keluarga atau rekan. Alamat : Dusun Sukamanah, Kecamatan Malingping, Lebak, Banten.

Mushola Agung Banten

Mushola yang kaya nilai riwayat ini sebagai mushola paling tua di Indonesia. Mushola ini setiap hari selalu ramai lawatan pelancong, tidak cuma yang dari wilayah Jawa Barat saja, namun yang aslinya di luar Jawa Barat.

Mushola ini dibuat pertama oleh Sultan Maulana Hasanuddin tahun 1552-1570. Beliau sebagai anak sulung Sunan Gunung Jati dan Sultan Pertama Kesultanan Banten. Karena mushola yang sarat dengan riwayat ini jadi banyak didatangi sebagai rekreasi religius untuk sebagian orang, ditambah pengunjung yang dari luar banten.

Alamat : Dusun Banten Lama (sekitaran 10 km samping utara Serang).

Pantai Anyer

Pantai yang terhitung rekreasi favorite di Banten ini memiliki bentangan pasir putih luas menghampar dengan ombak yang tenang. Salah satunya tempat rekreasi di Banten yang ramai didatangi pelancong atau wisatawan.

Beberapa kegiatan yang dapat kita kerjakan saat liburan kesini diantaranya berenang, banana boat, main pasir, snorkeling, diving, jetski, sampai pada jalan nikmati cantiknya pantai. Tidak cuman hanya itu, ada tempat perkemahan disekitaran Pantai Anyer.

Sebenarnya Pantai Anyer terdiri dari beberapa pantai bernama yang berbeda, namun karena lokasinya di garis pantai yang serupa, beberapa orang memandang semua ialah teritori Pantai Anyer.

Perkampungan Suku Baduy

Suku asli Banten yang sudah sekian tahun tinggal di sini yaitu suku baduy. Kekhasan dari Perkampungan Suku Baduy ialah kita akan disajikan panorama begitu murninya budaya suku itu dan tradisi istiadatnya.

baca : Liburan Pulau Tidung, Liburan Sangat Idola di Kepulauan Seribu!

Di sini kita tidak cuman bergembira saja, tetapi dapat pelajari dan mengenali lebih jauh tradisi istiadat suku baduy. Lingkungan yang asri jadi konsentrasi khusus pelancong dalam bertandang ke arah tempat ini.

Alamat : Kabupaten Pandeglang, Banten.

Rawa Dano

Rawa Dano juga dikenal bernama Cagar Alam Rawa Danau. Bila dilalui dari Jakarta, jaraknya sekitaran 101 km. Di tempat rekreasi ini lebih banyak ada rawa dan ada juga danaunya. Luas Rawa Dano sekitaran 2.500 hektar.

Bermacam jenis pohon-pohonan banyak tumbuh di sini. Hewan-hewan yang berada di Rawa Dano diantaranya ialah beragam reptil, minimal ada 250 tipe burung yang komunitasnya ialah Rawa Dano.

Untuk sampai ke lokasi Rawa Dano bisa dilakukan melalui 3 lajur, diantaranya ialah Jakarta-Serang-Padarincang-Rawa Dano, melalui lajur Serang-Anyer-Cinangka, melalui lajur Cilegon-Anyer.

Pantai Sambolo

Jika anda menyenangi olahraga air, anda dapat pilih Pantai Sambolo sebagai tujuan rekreasi. Ajak keluarga untuk liburan di sini, pasti akan membahagiakan.

Kegiatan yang dapat dilaksanakan ketika ada di sini diantaranya ialah berenang, selancar, nikmati kulineran disekitaran teritori Sambolo. Keelokan pantai yang memesona dengan pasir putihnya, membuat kita kerasan untuk tinggal semakin lama. Karena itu tek bingung jika pengunjung pantai ini akan semakin bertambah dan tidak pernah sepi sehari-harinya.

Pantai Cibeureum

Anda sukai situasi pantai yang teduh? Pantai Cibeureum jadi opsi tempat rekreasi di banten yang pas buat anda. Di sini terdapat banyak pohon-pohonan kelapa dan lokasi pantai dipiara dan dirawat secara baik oleh masyarakat sekitaran.

baca juga : resort pulau pelangi kep seribu jakarta

Salah satunya langkah nikmati rekreasi Pantai Cibeureum dengan mencicip kulineran Pantai Cibeureum yang ditawarkan oleh masyarakat sekitaran. Banten yang populer dengan kulineran unik seperti rabeg sebagai menu anda yang dan spesial di saat jaman kesultanan banten yang cukup menjadi legenda.

Pantai Marina

Tempat rekreasi di banten setelah itu pantai marina. Pantai Marina benar-benar cocok untuk anda yang suka dengan sarana permainan air karena di sini ada beberapa permainan air. Lebih dari yang berada di Pantai Sambolo. Anda dapat senang nikmati bermacam sarana yang ada.

Disamping itu keunggulan dari objek rekreasi Pantai Marina ialah terdapatnya fasilitas fasilitas berbentuk pemondokan, villa, atau resor, yang ideal dan banyak opsinya. Sarananya juga termasuk komplet, sehingga kita akan nyaman saat berekreasi. Dengan sarana yang lumayan komplet ini membuat pantai marina unggul dan banyak disukai sebagai tujuan rekreasi untuk liburan.

Pantai marina rupanya ada juga di sejumlah kota di Indonesia, yakni di kota semarang jateng dan di propinsi sulawesi selatan yang tidak kalah cantiknya untuk habiskan waktu liburan. (simak juga: tempat rekreasi di semarang dan tempat rekreasi di sulawesi selatan)

Pantai Marbella

Rekreasi pantai ini diberi nama Pantai Marbella karena lokasinya memang pas ada di muka hotel bintang lima pinggir pantai namanya Hotel Marbella. Pantai Marbella mempunyai situasi yang bersih dengan saung yang banyak di pinggir pantainya.

Pantai yang dekat sama Pantai Sambolo ini ramai didatangi ditambah saat berlibur datang. Dan tempat ini juga pas untuk rekreasi romantis pengantin baru. Untuk pasangan pengantin baru bisa lakukan bulan madu ke arah tempat ini, yang bakal didampingi panorama yang cantik dari birunya air laut dan pasir pantai yang halus dan putih. (simak juga: tempat rekreasi untuk bulan madu)

Pantai Jambu

Tempat rekreasi di banten selanjutnya ialah pantai jambu. Pantai di Banten yang mempunyai keelokan alam memesona ialah Pantai Jambu. Pasirnya warna lebih putih dan butirannya lembut. Pantai ini situasinya demikian natural serta masih asli. Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Karang Berlubang dan benar-benar gampang untuk dicapai.

baca juga : tempat wisata pulau sabira jakarta

Keelokan alam dan bentangan laut biru jadi panorama khusus saat pengunjung datang pada tempat ini. Situasi yang tidak demikian ramai jadi nilai lebih karena situasi yang asri. Oleh karena itu rekreasi pantai jambu jadi opsi yang pas untuk jadi orang untuk liburan di teritori pantai dan situasi yang tenang.

Pantai Pasir Putih Florida

Tujuan rekreasi di Banten yang terkenal setelah itu Pantai Florida. Bentangan pasir putihnya lebih luas dibanding pantai lain di Banten. Dari sini kita bisa menyaksikan panorama matahari terbenam yang mengagumkan dan daya tarik pantai yang elok.

Kegiatan yang lain bisa dilaksanakan saat berlibur kesini ialah bermain dan rileks di pinggir pantai atau main voli pantai. Harga tiketnya Rp 10.000,- per-orang.

Pantai ini juga tidak pernah sepi pengunjung, tiap hari tentunya ada-ada saja pelancong yang tiba dan nikmati keelokan pantai ini dengan rasa kagum. Pasir pantai yang putih dan halus ini membuat penghujung ikhlas buka alas kaki mereka untuk merasaka langsung keelokan alam pantai pasir putih florida.

Pantai Karang Berlubang

Salah satunya tempat rekreasi unik Banten yang lain namanya Pantai Karang Berlubang. Pada zaman dulu, nama pantai ini bukan Karang Berlubang tetapi Karang Suraga yang disebut nama orang pandai dengan pengetahuan tinggi yang dulu pernah bertapa pada tempat itu sampai akhir hayat. Namun lama-lama, pantai ini lebih dikenali dengan panggilan Karang Berlubang karena disekitaran pantai memang ada sebuah karang besar yang berlubang (Karang Berlubang).

Prediksi beberapa pakar, terciptanya lubang karena ada pengikisan oleh air laut dalam periode waktu panjang. Namun ada pula yang mengatakan jika terciptanya lubang di karang itu karena letusan Gunung Krakatau. Sampai sekarang pemicu tentu Karang Berlubang itu belumlah diketahui.

Aktivitas yang bisa dilaksanakan saat bertandang ke Pantai Karang Berlubang diantaranya ialah berekreasi sambil nikmati cantiknya pantai dengan melangsungkan alas sekalian rileks, jika air laut tengah kering kita dapat telusuri batu-batuan karang yang tidak terbenam, main perahu dan banana boat, treking ke pucuk karang dan menyaksikan cantiknya Gunung Anak Krakatau dari jarak jauh. Tetapi sayang di pantai ini jangan berenang, karena banyak batu karang. Tapi tidak boleh cemas, untuk anda yang ingin berenang, berubahlah ke kanan karena di tempat ini ada pantai yang berpasir bisa digunakan untuk berenang.

Pantai Carita

Pantai Carita tentu saja tidak asing dalam telinga anda. Pantai yang terkenal di Banten ini benar-benar ramai ditambah saat akhir minggu. Tidak cuma wisatawan lokal yang bertandang, tapi juga wisatawan luar negeri.

Saat berlangsungnya tsunami yang terjang Aceh, lokasi rekreasi yang ini sempat sepi pengunjung. Mereka berasa cemas akan terjadi hal sama di Carita. Namun seiring waktu berjalan, pantai ini kembali penuh oleh pengunjung. Pantai ini terletak tidak jauh dari Anyer.

Alamat : Jalan Raya Pandeglang-Labuan, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang ialah taman rekreasi laut yang berada di Banten. Oleh beberapa pelancong yang bertandang, tempat ini juga dipanggil Seven Wonders of Banten. Sesuai panggilan yang diberi, Pulau Sangiang mempunyai pemandangan alam yang memikat. Ada pantai cantik dengan pasir putih dan air laut jernih, diantaranya Tanjung Raden, Batu Mandi, Pasir Panjang dan Legon Waru.

Beragam macam tanaman ciri khas misalnya cemara laut, ketapang bayur, waru laut, walikukum, dadap laut, dan nyamplung. Berbagai hewan yang diproteksi juga bisa kita tonton di pulau ini, salah satunya, berbagai biota laut, elang laut, belibis, camar, dara laut. Ditambah lagi pohon-pohonan hijau yang tumbuh di pantai, membuat Pulau Sangiang semakin terlihat memesona. Bermacam aktivitas yang bisa kita kerjakan saat berlibur ke Sangiang yakni menyelam dan snorkeling, dan berekreasi ke Gua Kelelawar yang ada dekat Pulau Sangiang. Jika anda berkunjung Pantai Tanjung Raden, anda bisa melihat cantiknya bermacam biota laut menggunakan glass bottom boat.

Untuk capai Pulau Sangiang, anda bisa tempuh perjalanan sepanjang 2 sampai 3 jam ke Anyer, baru seberang ke Sangiang. Perlu waktu lebih kurang 1 jam untuk seberang. Banyak pula agen travel yang tawarkan rekreasi ke Sangiang, biayanya sekitar di antara Rp 400.000,- s/d Rp 600.000,- per-orang. Bila ingin snorkeling, peralatannya juga bisa anda sewa di lokasi. Alamat : Dusun Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Danau Tasikardi

Danau Tasikardi ialah objek rekreasi alam sekalian rekreasi riwayat di Banten. Di sini banyak ditemui warisan Kerajaan Banten. Nama danau yakni Tasikardi datang dari 2 kata bahasa sunda, yakni Tasik dan Ardi yang mempunyai makna danau bikinan.

Dalam sejarahnya, danau ini dibikin saat pemerintah Panembahan Maulana Yusuf yang disebut sultan ke-2  dari Kesultanan Banten. Dahulunya danau ini disebutkan dengan Situ Kardi dan kabarnya dasar danau dibuat dari ubin batu bata. Pada periodenya danau ini digunakan untuk memuat air Sungai Cibanten yang mengaliri lokasi ini.

Danau Tasikardi dengan panorama cantik dan ada persawahan hijau disekelilingnya, membuat beberapa pengunjung kerasan habiskan waktu berliburnya di objek rekreasi yang ini. Dalam danau, terdapat banyak ikan-ikan yang bisa dipancing, selainnya aktivitas mancing, hal yang lain bisa dilaksanakan ialah camping di tempat camping yang berada dekat Danau Tasikardi, berperahu ke pulau kecil yang dahulunya ialah tempat rekrerasi untuk keluarga sultan. Di pulau kecil itu, bisa ditemui bermacam warisan Kesultanan Banten. Ke arah lokasi rekreasi Danau Tasikardi, jika dilalui dari Kota Serang anda bisa naik transportasi umum ke Kramatwatu. Atau dapat juga gunakan kendaraan individu ambil lajur Cilegon.

Ticket masuk danau benar-benar dapat dijangkau dan lokasi ini pas sekali untuk anda yang ingin habiskan waktu liburan dengan keluarga. Sekarang ini Danau Tasikardi bersama dengan Mushola Agung Banten, Keraton Kaibon, Pasar Lama Serang, Keraton Surosowan, Vihara Avalokitesvara dan Benteng Spelwijk diputuskan ke Situs Banten Lama. Alamat : Dusun Margasana, Serang, Banten.

Arung Jeram Sungai Ciberang

Untuk anda yang menyukai penjelajahan yang melawan dan memicu adrenalin, coba lakukan rafting atau arung jeram di Sungai Ciberang. Sungai ini berada di pedalaman Banten dan termasuk masil asli (alami). Beberapa lajur pengarungan yang ada di lokasi ini diantaranya, lajur pemula sejauh 700 mtr. s/d lajur sejauh 25 km dan bisa dilakukan dalam waktu sekitaran 5 jam.

Saat telusuri sungai ini, panorama alam hijau di kiri dan kanan dari Taman Nasional Gunung Halimun demikian menganakemaskan mata. Kita juga bisa menyaksikan berbagai aktivitas masyarakat saat melalui satu daerah ke daerah yang lain. Rekreasi yang ini benar-benar cocok untuk anda pencinta rekreasi alam yang memicu adrenalin. Alamat : Daerah Muhara.