Seekor domba garut yang sangat mahal bisa dibeli dengan harga ribuan Rupiah. Ada penjual yang menjual 150 juta rupiah per ekor, bahkan ada yang lebih dari 200 juta. Ada banyak alasan yang membuat domba jenis ini memiliki nilai jual yang fantastis banyak sekali.

 

Alasan terpenting adalah perawatan yang rajin dilakukan oleh pemilik atau peternakan sejak awal. Hal ini menyebabkan harapan terpenuhi baik dalam hal penampilan dan postur. Alasan untuk ini adalah harga akan meroket Jika domba sering memenangkan pertarungan cepat.

 

Ini adalah pemeriksaan tambahan, seperti penampilan dan posturnya. Alasan lain yang perlu diperhatikan adalah domba juara yang gagah dan perkasa, ketika memasuki masa pensiun, bisa berkembang menjadi indukan sebagai bagian dari proses pembiakan, sehingga menghasilkan keturunan yang sama-sama mahal.

 

Pada hakekatnya, memelihara domba garut agar dapat dijual dengan harga tertinggi membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Kali ini, GibasBarokah.com akan membahas bagaimana cara memelihara domba asli Indonesia ini untuk menciptakan sektor bisnis yang menguntungkan.

 

Cara Domba Garut Paling Ampuh

Memang banyak yang percaya bahwa merawat domba Garut asli lebih sulit daripada merawat domba potong. Jika kita telusuri lebih jauh di sektor peternakan lainnya bisa jadi demikian.

 

Memelihara ayam hias atau ayam gesit (Bangkok, Burma, Saigon, Pama, dll) lebih sulit daripada ayam kampung dan ayam pedaging. Hal ini juga berlaku untuk domba, yang memiliki daya tarik yang luar biasa dengan bidang ini.

 

Jika Anda sudah menikmati dan telah memberikan kontribusi lebih dari 90%, baik tenaga maupun pikiran untuk domba. Maka Anda akan tetap memelihara berbagai jenis domba dengan cara yang paling efektif. Keseriusan peternakan Anda diuji saat merawat domba jenis ini.

 

Secara umum, berikut ini cara merawat dan membudidayakan hewan-hewan tersebut untuk memastikan mereka berproduksi.

 

1. Pelajari Lebih Lanjut Tentang Domba Garut

Sebagai seseorang yang menyukai minat memancing, Anda akan belajar lebih mendalam tentang olahraga yang ia sukai. Jika Anda berencana untuk bergabung, atau bahkan telah memasuki industri peternakan domba, maka wajib belajar lebih banyak daripada orang yang tidak terlibat dalam peternakan domba.

 

Jika Anda fokus pada satu faktor, yaitu isiqomah setelah beberapa saat, Anda akan menjadi ahli di bidangnya. Masalah dan tantangan akan selalu ada, jadi Anda harus siap dan tetap percaya diri dengan apa yang telah Anda lakukan.

 

Yang kami coba komunikasikan di sini adalah, berkontribusi lebih dari yang sudah Anda miliki (pikiran atau tenaga, tenaga dan sumber daya) dalam mencari informasi baru tentang domba Garut. Mulai dari jenis, manajemen, harga, hingga kompetisi dan acara khusus.

 

2. Perhitungan Modal Kasar

Perencanaan dan rencana yang bersifat struktural itu penting. Jika Anda berencana untuk masuk ke dalam peternakan domba jenis ini, Anda harus melakukan perhitungan modal yang terperinci dan matang.

 

Harga garut untuk pembelian domba, harga jual dan biaya pemenang harus diselesaikan di awal. Berikut detail pasti yang harus Anda kantongi.

 

a) Berapa banyak uang yang akan Anda miliki untuk pertanian semacam ini?

b) Berapa waktu yang dibutuhkan agar modal kembali dan menghasilkan pendapatan?

c) Upaya apa yang telah Anda lakukan untuk mencapainya?

 

Dalam aplikasinya, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan industri peternakan domba tidak boleh dipinjam jika ada kebutuhan. Manfaatkan sumber daya yang Anda miliki, bergabunglah dengan bekerja sama atau gunakan tabungan yang telah Anda kumpulkan untuk memulai bisnis peternakan domba baru.

 

 

3. Miliki Rencana Pengembalian Modal

Setelah perhitungan modal kasar dilakukan sekarang saatnya untuk memiliki rencana pengembalian modal. Banyak orang yang mendirikan bisnis gagal mengembangkan rencana seperti ini, dan hasilnya jauh dari harapan.

 

Anda tidak perlu terburu-buru membuka peternakan domba baru karena Abraham Lincoln pernah berkata, jika saya punya waktu enam jam untuk menebang pohon ek, saya akan menggunakan empat jam pertama untuk mengasah ujung kapak.

 

Jika semua sudah beres maka jangan tunda untuk segera memulai. Selama peternakan domba Anda berlangsung, berbagai peristiwa dan masalah yang muncul (baik besar maupun kecil) memberikan informasi yang berharga bagi Anda.