11 Macam Makanan Khas Sunda Bikin Ngiler dan Susah Move On! – Kulineran nusantara benar-benar punya daya pikatnya semasing. Satu diantara yang mesti Anda coba yaitu kulineran Sunda.

Suku yang menduduki sisi Barat pulau Jawa ini punya kulineran khas yang valid, nikmat, serta akan bikin kamu terbujuk. Yok, langsung saja kita tengok bermacam makanan khas Sunda berikut!

Temui Promosi Berbelanja Discount, Cashback, Promosi Acara pesta Merk Alternatif, Bebas Biaya kirim serta Kejar Discount di Waktu Indonesia Berbelanja!

Makanan Khas Sunda

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

  1. Nasi Liwet

Nasi Liwet pun dekat disuguhkan plus tambah ikan teri, daun serai, tahu, juga ayam goreng.

Yang antik dari Nasi Liwet yaitu rasa nasinya yang sedikit manis serta kental dengan harum santen kelapa kental.

  1. Nasi Timbel

Akan tetapi, Nasi Timbel kebanyakan disuguhkan dengan bingkisan daun pisang.

Buat nikmati suguhan ini, Anda bisa menambah sayur asam maupun ikan asin.

  1. Nasi Tutug Oncom

Barangkali masihlah banyak yang masih belum pernah dengar tentang Nasi Tutug Oncom. Suguhan dari Tasikmalaya ini adalah paduan dari nasi juga olahan kedelai alias oncom.

Seringkali buat restaurant-restoran buat memberikan Nasi Tutug Oncom plus tambah ikan asin, daun pisang, jeruk nipis, maupun tempe. Bahan sauce yang membikin suguhan ini antik yaitu sebab sambal hijaunya.

 

Baca juga: 10 Makanan Khas Bandung Paling Trend dan Wajib Dicoba!

 

  1. Karedok

Sumber gambar: Wikimedia Banyak yang keliru menyangka suguhan Karedok dengan Gado-Gado serta Lotek apabila anyar pertamanya kali lihat. Karedok yaitu makanan khas Sunda yang disuguhkan dengan sayur-sayuran mentah. Yang memperbandingkan Karedok dengan ke-2  suguhan serupa yang lain yaitu siraman bumbu kacang yang meluap.

Karedok pun ditambahkan plus tambah krupuk bawang di atasnya.

  1. Lotek

Sama memanfaatkan bumbu kacang serta krupuk, Lotek lebih memberikan sayur-sayuran rebus seperti bayam, kapri, serta kacang panjang.

  1. Bakakak Hayam

Bakakak Hayam yaitu masakan khas Sunda yang antik walaupun anyar cuma lihat trik penyampaiannya. kebanyakan Bakakak Hayam memanfaatkan dada ayam yang dibelah sampai terbuka serta ditusukan sampai membuat suatu bakakak.

Trik masak ayamnya lantas bervariasi dimulai dengan dimasak sampai dibakar.

  1. Soto Bandung

Apabila Anda pengin coba masakan khas Sunda yang minimalis, Soto Bandung yaitu alternatifnya. Soto Bandung kebanyakan memanfaatkan daging sapi has dalam atau tetelan.

Yang memperbandingkan Soto Bandung dari lainnya yaitu tambahan kacang kedelai goreng juga lobak di kuahnya.

  1. Soto Mie

Soto Mie tidaklah adalah nama masakan yang jarang-jarang kedengar. Dimanapun kotanya, Anda masih bisa mendapatkan Soto Mie. Soto Mie sendiri yaitu macam masakan khas Sunda yang memberikan mie dengan kuah kaldu yang kental.

Kebanyakan, Soto Mie memanfaatkan tambahan tauge serta kacang kedelai goreng buat menambah sedikit rasa manis.

  1. Mie Kocok

Apabila Anda kerap jalanan ke Bandung, tentulah makanan Mie Kocok akrab buat Anda. Mie Kocok memanfaatkan mie tipis telur dengan kuah kaldu serta kikil.

 

Baca juga: CPKB

 

  1. Sate Maranggi

Makanan Sunda kesempatan ini keterkenalannya telah terkenal. Sate Maranggi yang khas memanfaatkan daging sapi atau ayam ini sesungguhnya miliki asal-muasal yang cukuplah menarik.

Mulanya, Sate Maranggi yaitu makanan asing dari banyak pendatang China yang bertempat di Indonesia. Daging yang mulanya dipakai lantas yaitu daging babi. Makanan ini pun miliki cita-rasa yang paling kuat gara-gara trik pemasakannya. Daging kebanyakan dicelup di bumbu sebelumnya dibakar.

  1. Empal Gentong

Tidak sama dari empal yang lain, Empal Gentong diolah dengan memanfaatkan kayu bakar serta gentong. Bahan terutamanya pun berwujud daging, usus, serta babat sapi.

Empal Gentong disuguhkan dengan nasi atau lontong, serta kucai. Empal Gentong pun berasa nikmat apabila dikonsumsi dengan kuah santan.