Masih berlangsung hingga saat ini, dan membuat masyarakat dunia harus menghadapi perubahan pada gaya hidupnya. Kemanapun Anda pergi jika memang keluar rumah maka diwajibkan menggunakan masker kain untuk menjaga penyebaran maupun penularan virus Covid-19. Tidak hanya pemerintah masyarakat juga khawatir dan takut terhadap penularan virus tersebut. Namun tidak membuat masyarakat untuk melakukan aktivitas seperti biasa salah satunya berolahraga.

Kini, karena masyarakat diwajibkan untuk menggunakan masker banyak pula yang memakainya ketika berolahraga. namun baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan berita seseorang yang meninggal ketika bersepeda dan menggunakan masker. Namun konfirmasi beritanya, pesepeda itu meninggal karena serangan jantung. Dengan adanya kasus ini banyak kegiatan olahraga yang khawatir ketika berolahraga tanpa masker di tengah pandemi. Lalu apakah masker salah satunya masker kain kurang efektif untuk olahraga?

 

Olahraga Dan Masker

ketika seseorang berolahraga di luar rumah tentu tetap khawatir akan adanya pandemi Corona sementara ada kekhawatiran lain ketika berolahraga menggunakan masker fullprint. Apalagi ada berita tentang pesepeda yang meninggal saat olahraga dan sedang menggunakan masker. Ketika seseorang berolahraga akan membuat tubuhnya membutuhkan oksigen yang cukup banyak. Semakin keras olahraganya maka oksigen yang dibutuhkan jadi lebih banyak.

Nyatanya penggunaan masker ketika olahraga bisa menjadi masalah yang berbahaya bagi kesehatan namun banyak orang tidak menyadari hal tersebut. Ketika olahraga dan menggunakan masker maka seseorang sulit nafas karena terhambat masker yang digunakan. Terlebih ketika seseorang tersebut memiliki riwayat penyakit paru-paru dan jantung.

Apalagi ketika olahraga Anda mengeluarkan keringat dan membuat masker jadi basah. Masker kain yang basah ketika tetap digunakan membuat tidak nyaman dan sekresi pada hidung. Masker basah juga dinilai sangat tidak efektif untuk mencegah penularan dan penyebaran Corona.

 

Bahaya Keracunan

Sementara itu ketika menggunakan masker kain saat olahraga, ada bahaya lainnya yang mungkin saja akan menyerang anda. Tubuh normal akan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, akibat penggunaan masker saat olahraga membuat pernapasan jadi terhambat dan bukan tidak mungkin anda bisa menghirup karbondioksida kembali menuju sistem pernapasan. Ketika anda mengalami kelebihan karbondioksida maka ini bisa meningkatkan risiko keracunan dan menyebabkan asidosis dalam tubuh.

Gejala yang bisa anda lihat pada seseorang yang mengalami keracunan karbon dioksida yaitu, merasa mual, pusing, sakit kepala, hingga detak jantung jadi melemah.

Bahkan di kondisi yang sangat parah keracunan karbon dioksida bisa membuat kejang, hingga mengakibatkan kematian. Jadi tentu saja melihat hal ini, Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa olahraga menggunakan masker sangat tidak disarankan. Atau jika anda ingin merasa lebih aman, meski sekarang sudah masuk masa transisi dan anda diperbolehkan keluar rumah dengan mengikuti protokol kesehatan, akan lebih baik jika olahraga di dalam rumah saja. Ada beberapa olahraga yang bisa anda pilih seperti senam aerobik atau yoga.

Dan ketika anda tetap ingin olahraga di luar rumah, sebaiknya cari tempat yang sepi dan terhindar dari kerumunan orang jadi anda tidak perlu menggunakan masker kain. Saat olahraga bersama orang lain yang tidak satu rumah, Anda bisa memilih alternatif lain yaitu dengan menjaga jarak sesuai yang disarankan dan hindari berada segaris lurus dengan orang tersebut.

 

Untuk anda yang membutuhkan masker fullprint, custom.id menyediakan masker dengan kualitas yang sangat baik sesuai standar. Belum lagi di toko online satu ini Harga maskernya sangat terjangkau, mulai belasan ribu rupiah saja hingga puluhan ribu. Anda tidak perlu mengeluarkan harga yang mahal untuk sebuah masker, jadi langsung kunjungi custom.id.