Rumah yang baik adalah rumah yang selalu terjaga keamanan dan kenyamanannya. Entah itu dari gangguan kerusakan alamiah maupun non-alamiah. Salah satu gangguan alamiah kerusakan rumah yang seringkali dikhawatirkan adalah rayap. Gangguan rayap ini jika dibiarkan maka akan membuat bangunan rumah jadi makin parah. Bahkan nilai jualnya dapat menurun secara drastis. Akibatnya, anda sendirilah yang akan merugi.


Saat rumah sudah mengalami kerusakan parah akibat rayap, ada satu jalan keluar yang bisa menjadi pertimbangan anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan jasa anti rayap. Sudah ada banyak sekali layanan jasa populer yang satu ini di berbagai kota-kota di Indonesia. Salah satunya adalah jasa anti rayap Gresik dan beberapa daerah di sekitarnya.


Menggunakan jasa layanan anti rayap ini memang bisa menjadi jalan terbaik yang anda pilih. Namun, tentu saja masih ada banyak jalan lain yang bisa anda gunakan, jika memang serangan rayap pada rumah anda belum parah. Solusinya adalah dengan menggunakan obat-obatan alami yang mudah sekali anda dapatkan dan dapat diaplikasikan dengan mudah pula.


Nah bagi anda yang masih belum tahu dengan apa saja bahan alami yang dimaksud, maka anda tidak perlu khawatir. Berikut di bawah ini bisa anda simak beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan dan anda aplikasikan dengan mudah :

  1. Cuka
    Selain dijadikan sebagai bahan dapur, ternyata cuka juga memiliki khasiat yang luar biasa Lo. Salah satunya adalah untuk mengatasi gangguan rayap. Pengaplikasian cuka sebagai obat rayap juga cukup mudah. Anda hanya perlu menabur bahan cuka ini pada tempat-tempat yang memang memiliki sifat kerentanan terhadap serangan rayap. Lakukan secara berkala agar rumah anda tetap aman dari rayap.
  2. Garam
    Tidak hanya cuka, ada lagi bahan dapur yang memiliki khasiat luar biasa dalam aksi pengusiran rayap. Tak lain adalah garam. Untuk mengaplikasikan garam sebagai obat rayap, anda perlu mencampurnya dengan air. Namun ingatlah bahwa konsentrat garam harus jauh lebih tinggi. Setelah campuran air dan garam teraduk dengan baik, anda bisa aplikasikan bahan ini dengan cara disemprotkan pada bagian-bagian yang terserang oleh rayap. Namun ada lagi cara kedua yang bisa anda aplikasikan, yakni dengan membasahi kapas dengan air garam tersebut. Lantas anda bisa menutup sarang rayap dengan kapas berair garam tersebut.
  3. Minyak cengkeh
    Aroma minyak cengkeh tidak disukai oleh rayap. Bahkan ketika rayap terkena cairan minyak cengkeh, hal tersebut bisa menjadi racun bagi rayap. Cara mudahnya, anda bisa menaruh secukupnya minyak cengkeh pada botol sprei. Semprotkan pada bagian target secara rutin. Hal ini akan membuat rayap enggan untuk hinggap lagi.
  4. Daun mint
    Daun mint memang dikenal dapat menangkal berbagai gangguan serangga. Termasuk serangan rayap. Nah, agar anda dapat menggunakan daun mint ini secara rutin, maka anda bisa menanam tanaman mint di pekarangan rumah anda. Selain dapat mencegah masuknya rayap karena aroma tanamannya, anda juga bisa meracik daun mint menjadi cairan siap semprot ke sarang rayap.
    4 bahan alami yang sudah disebutkan di atas, bisa anda manfaatkan dengan baik sebagai racikan pengusir rayap. Dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas, anda pun jadi lebih terjamin keamanannya karena sama sekali tidak ada kandungan bahan kimianya. Rumah jadi lebih aman dan nyaman tanpa gangguan rayap. Lingkungan pun jadi lebih terjaga keasriannya.